pengertian-manajemen

Pengertian Manajemen , Fungsi, Prinsip, Bidang dan Unsur Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

Memahami Ilmu Manajemen, tentang Pengertian, Fungsi, Prinsip, Bidang dan Unsur Manajemen 

Secara umum, manajemen merupakan sebuah ilmu atau seni yang digunakan untuk mengorganisir, merencanakan, mengarahkan dan mengawasi usaha-usaha yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai sebuah tujuan organisasi dengan cara bersama-sama dan sumber daya yang dimiliki organisasi.

Manajemen berasal dari bahasa inggris “Manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan jika diartikan secara etimologis, manajemen dapat diartikan sebagai seni melaksanakan dan mengatur.

Sering kali kita mengartikan manajemen sebagai seni dalam mengatur dan mengelola. Sebagai landasan kita untuk lebih memahami ilmu manajemen, berikut ini merupakan beberapa pendapat ahli yang mengemukakan definisi Manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

  • George R. Terry
    Menurutnya, manajemen adalah proses yang khas dan terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya serta sumber-sumber lain.
  • Lawrence A.Appley
    Menurutnya, manajemen adalah keahlian untuk menggerakkan orang agar melakukan sesuatu.
  • Ricky W.Griffin
    Menurutnya, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif fan efisien.
  • Mary parker Follet
    Menurutnya, manajemen adalah seni yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dalam definisi ini diartikan bahwa dalam ilmu manajemen sebagai landasan kita untuk memahami apa kandungan dalam ilmu tersebut.

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki berbagai macam fungsi, dan fungsi yang paling mendasar dari manajemen terdiri dari 4 poin, yaitu:


  1. Fungsi Perencanaan (Planning)
    Perencanaan merupakan proses awal yang digunakan untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi dalam perusahaan sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi. Dalam fungsi inni identik dengan penyusunan strategi, standar , serta arah dan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan.
  2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Pengorganisasian dalam fungsi ini merupakan hubungan bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupunn fisik supaya tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing. Dengan kata lain. fungsi ini lebih menekankan tentang bagaimana mengelompokkan orang dan sumber daya agar dapat menyatu.
  3. Fungsi Pengarahan (Directing)
    Fungsi manajemen dalam pengarahan lebih menekankan pada upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, pemberian motivasi, menjelaskan tugas rutin dan lainnya.
  4. Fungsi Pengendalian
    Dalam fungsi ini pengendalian lebih menekankan pada sebuah evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini dilakukan dan berjalan. Dengan fungsi ini akan terlihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuannya.

Tingkat manajemen

Dalam sebuah organisasi, tingkatan manajemen dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu

  1. Top Management
    Top Management merupakan jenjang tertinggi atau sering disebut dengan manajer senior, eksekutif kunci. Top Management memiliki tanggung jawab atas kebijakan-kebijakan dan strategi-strategi perusahaan yang kemudian diterjemahkan secara lebih spesifik oleh manajer di atasnya.
  2. Middle Management
    Middle Management memiliki tugas mengawasai beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkannya kepada top management.
  3. Lower Management
    Lower Management adalah tingkatan paling bawah dalam sebuah organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Lower management lebih dikenal sebagai istilah Operasional, mandor, supervisior, dan kepala seksi.

Prinsip Manajemen

Menurut henry Fayol membagi prinsip manajemen ke 14 poin, antara lain

  1. Pembagian Kerja (Division of Labour)
  2. Wewenang dan Tanggung Jawab (Authority and Responsibility)
  3. Disiplin (Dicipline)
  4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)
  5. Kesatuan Arah (Art of Direction)
  6. Meletakkan kepentingan Organisasi dari pada kepentingan sendiri (Sub Ordination of Individual Interest to General Interest)
  7. Balas Jasa/Pemberian Upah (Remuneration)
  8. Sentralisasi/Pemusatan (Centralization)
  9. Hierarki
  10. Ketertiban (Order)
  11. Keadilan dan Kejujuran (Equity)
  12.  Stabilitas Kondisi Karyawan
  13.  Inisiatif (Initiative)
  14. Semangat Kesatuan, Semangat Korps

Bidang Manajemen

Berdasarkan bidangnya, manajemen dibagi menjadi 5 bidang yaitu

  1. Manajemen Bidang Produksi
  2. Manajemen Bidang Pemasaran
  3. Manajemen Bidang Keuangan
  4. Manajemen Bidang Personalia
  5. Manajemen Bidang Perkantoran

Unsur Manajemen

Berdasarkan unsurnya, manajemen dibagi menjadi 6, yang dikenal dengan 6M, yaitu

  1. Manusia / Man
  2. Uang / Money
  3. Bahan / Material
  4. Mesin / Machines
  5. Metode / Methods
  6. Pasar / Markets

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Manajemen , Fungsi, Prinsip, Bidang dan Unsur Manajemen semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..