administrasi

10 Pengertian Administrasi , Ciri-ciri dan Fungsi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Dapat diartikan secara umum bahwa pengertian administrasi dapat diartikan sebagai usaha yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai sebuah tujuan. Administrasi dapat diartikan menjadi 2 jenis yaitu dalam arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit administrasi diartikan sebagai kegiatan yang meliputi catat mencatat, surat menyurat, pembukuan, mengetik, membuat agenda dan kegiatan lainnya yang bersifat teknis dar sebuah ketatausahaan. Sedangan jika diartika dalam arti luas, administrasi diartikan sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertenru secara berdaya guna dan berhasil.

Namun selain pengertian diatas, terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari administrasi. Beberapa ahli tersebut adalah …

1. Arthur Grager
Menurutnya administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi

2. George Terry
Menurutnya Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Sondang P. Siagian
Menurutnya administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4. William Leffingwell dan Edwin Robinson
Menurutnya administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.

5. Ulbert
Menurutnya administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha

6. Orway Tead
Menurutnya administrasi merupakan usaha luas yang mencakup segala bidang untuk memimpin, mengusahakan, mengatur kegiatan kerja sama yang ditujukan pada tujuan atau maksud tertentu.

7. The Liang Gie
Menurutnya administrasi merupakan serangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

8. WH Evans
Menurutnya administrasi merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi dan ingatan organisasi.

9. Leonard D.White
Menurutnya administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usahan-usaha suatu kelompok baik dalam suatu kelompok baik dalma usaha umum atau pribadi

10. Simon
Menurutnya administrasi yaitu suatu kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas dan tujuan bersama.

Ciri-Ciri Administrasi 

  • Terdapat kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau dengan lebih
  • Terdapat kerja sama
  • Terdapat proses atau usaha
  • Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  • Terdapat tujuan.

Fungsi Administrasi 

  • Planning (Perencanaan)
    Yaitu penyusun perencanaan yang meliputi kegiatan adminitrasi, seperti pengumpulan data, pengolahan data, penyusunan perencanaan.
  • Organizing (pengorganisasian)
    Yaitu aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja anatara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
  • Staffing
    Yaitu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada suatu organisasi mulai dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi.
  • Directing (pengarahan atau bimbingan)
    Yaitu fungsi manajemen yang berhubungan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang telah ditetapkan semula.
  • Coordinating
    Yaitu fungsi manajemen untuk melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya kekacauan, percekcoka, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Reporting
    Yaitu manajemen yang berada pada penyampaian perkembangan atau hasil dari kegaitan dengan pemberian keterangaan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.
  • Budgeting
    Yaitu suatu kegiatan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Administrasi , Ciri-ciri dan Fungsi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..