mikoriza3

Pengertian, Tipe Mikoriza Dan Linchens (Lumut Kerak)

Posted on

Pembahasan kali ini masih berkaitan dengan postingan sebelumnya yaitu mengenai  ciri-ciri jamur . sebelumnya kita sudah membahas tuntas tentang struktur dan bentuk reproduksi seksualnya, jamur dibagi menjadi empat kelas, yaitu Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota. selanjutnya kita akan bahas mengenai Mikoriza Dan Lichens ( Lumut Kerak).

Mikoriza

Mikoriza merupakan suatu bentuk kehidupan, yaitu simbiosis antara jamur dan akar pohon, seperti pinus dan melinjo. Jamur yang mampu hidup bersimbiosis adalah dari kelompok Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.

mikoriza3

Berdasarkan tipe simbiosisnya, mikoriza dibedakan menjadi ektomikoriza dan endomikoriza.

1. Ektomikoriza

Simbiosis antara jamur dan akar pinus merupakan salah satu contoh ektomikoriza. Jamur berasal dari kelompok Basidiomycota. Jamurnya hanya terdapat di permukaan luar akar inangnya. Hifa jamur menembus sampai bagian epidermis akar.

Jamur Basidiomycota akan memperluas bidang penyerapan akar sehingga pinus memperoleh pasokan air dan zat hara yang lebih banyak. Dalam hal ini, jamur tersebut tidak dapat hidup tanpa bersimbiosis dengan akar tanaman.

2. Endomikoriza

Simbiosis antara jamur dan tanaman anggrek, kol, atau bit merupakan salah satu contoh endomikoriza. Jamurnya hidup di dalam akar inangnya. Hifa jamur menembus sampai ke korteks akar. Jamur dapat hidup tanpa bersimbiosis.


Tanaman anggrek hidup bersimbiosis dengan jamur dari kelompok Ascomycota atau Zygomycota. Simbiosis ini akan membentuk bintil- bintil akar yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga tanaman anggrek dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jamur juga dapat bersimbiosis dengan tanaman kol (kubis) dan bit membentuk bintil-bintil akar pada akar tanaman tersebut. Dengan adanya bintil-bintil akar ini, tumbuhan dapat mengikat nitrogen bebas dari udara. Nitrogen ini akan digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhannya.

Endomikoriza membantu pertumbuhan bintil akar pada akar tanaman dan mempercepat proses hksasi nitrogen. Dengan fiksasi nitrogen, tumbuhan dapat mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga kebutuhan nitrogen dapat terpenuhi.

Lichens (Lumut Kerak)

Di tembok-tembok, genting, atau pada batang pohon berkayu sering kita temukan bercak hijau keputih-putihan. Bercak tersebut sebenarnya adalah lumut kerak (lichens/liken). Meskipun disebut lumut kerak bukan berarti dia termasuk kelompok lumut. Lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur dari kelompok Ascomycota atau Basidiomycota dengan ganggang hijau bersel satu atau ganggang hijau biru bersel satu. Dengan simbiosis ini, jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur.

lumut kerakPada liken, sering ditemukan tepung, Tepung itu adalah beberapa sel ganggang yang terbungkus hifa dan terdapat di permukaan lumut kerak atau disebut soredium (jamak: soredia). Soredium berfungsi untuk pembiakan secara vegetatif (fragmentasi), selain dengan spora dan membelah diri.

Habitat liken sangat bervariasi. Likai dapat melekat pada batu atau tembok yang tidak dapat ditempati oleh makhluk hidup lain. Oleh karena itu, liken disebut juga tumbuhan pionir atau vegetasi perintis. Liken membantu proses pembentukan dengan cara melepaskan fragmen talus ya sangat halus. Perubahan cuaca, kelembapan dan disertai dengan dilepaskannya zat kimia menyebabkan permukaan batuan akan melapuk yang kemudian dipakai sebagai media untuk hidup tumbuhan lain dan hewan hewan kecil. Liken sangat sensitif terhadap beberapa jenis polutan yang berbahaya,misalnya fiuorida, logam berat, zat radioaktif, bahan-bahan kimia pertanian, dan pestisida. Dengan demikian, liken tidak dapat hidup di lingkungan yang sudah tercemar. Sifat inilah yang menyebabkan liken sering dipakai sebagai indikator pencemaran lingkungan. Jenis- jenis liken tertentu yang hidup di suatu tempat menunjukkan tingkat pencemaran lingkungan di daerah tersebut.

Contoh liken antara lain Grafts sp. (hidup melekat pada batang pohon), Parmelia sp. dan Haematomma sp. (hidup melekat pada batu-batuan), serta Usnea dasipoga (hidup melekat pada pucuk-pucuk pohon di daerah pegunungan). Usnea menghasilkan asam usnin yang dapat digunakan untuk bahan obat TBC.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Tipe Mikoriza Dan Linchens (Lumut Kerak). Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Struktur Dan Bentuk Jamur Berdasarkan Reproduksi Seksualnya

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Bentuk Reproduksi Jamur

Pengertian Dan Jenis Myxomycophyta (Jamur Lendir) Menurut Ahli Serta Peran Protista Dalam Kehidupan

Pengertian Ciri-Ciri Dan Pembagian Subkingdom Protista Menurut Ahli

Klasifikasi Dan Peran Virus Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sejarah, Ciri-Ciri Dan Replika VIRUS Terlengkap