pengertian globalisasii

Pengertian Globalisasi Dan Saluran Proses Globalisasi

Posted on

Pengertian Globalisasi

Global artinya sedunia atau sejagad, maka globalisasi dapat diartikan suatu sistem atau tatanan yang mengglobal atau mendunia sehingga seorang atau negara tidak mungkin untuk mengisolasi diri sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan komunikasi.

pengertian globalisasii

Dengan era giobalisasi berarti sudah tidak ada batas ruarg, tempat dan waktu terhadap suatu informasi dan peristiwa. Peristiwa-peristiwa yang terjadi disuatu negara akan dapat diketahui dengan cepat oleh bangsa dan negara lain Unsur-unsur budaya asing akan mudah masuk ke suatu negara baikyang positif maupun yang negatif. Hal ini terjadi karena adanya kemajuan teknoiogi dan komunikasi Misalnya informasi dapat melalui radio, televisi, internet dan lain sebagainya sehingga informasi-informasi dapat diketahui dan masuk kerumah-rumah masyarakat dalam waktu yang bersamaan ditempat yang berbeda.

Unsur-unsur budaya asing yang positif contohnya ilmu pengetahuan dan teknologi, cara berpikir kritis, logis, sistematis, sikap disiplin dan lain sebagainya. Namun terkadang masuknya unsur budaya asing ada yang bersifat negatif, misalnya budaya – budaya liberalisme, pergauian bebas, ateisme, individualisme, penggunaan obat-obat terlarang.


Saluran Proses Globalisasi

Saluran-saluran perubahan sosial dan kebudayaan adalah lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan, agamadan lain sebagainya. Lembaga kemasyarakatan yang menjadi titik tolak adalah lembaga yang sedang menjadi perhatian masyarakat, lembaga kemasyarakatan yang mendapat penelitian tertinggi dari masyarakat cenderung untuk menjadi sumber ata u saluran utama dari perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan. Perubahan dari lembaga kemasyarkatan akan membawa akibat pula pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang lain, karena lembaga kemasyarakatan merupakan suatu sistem yang terintegrasi. Perubahan pada lembaga kemasyarakatan akan berpengaruh terhadap pola-pola, fungsi dan keseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Contohnya pengaruh budaya liberalisme, apabila pengaruh ini terlaksana maka akan terjadi perubahan yang mendasar pada lembaga pemrintahan. Misalnya dengan menerapkan demokrasi liberal.

Dengan penerapan demokrasi liberal dilembaga pemerintahan akan mejalar ke lembaga- lembaga kemasyarakatan yang lain, misalnya lembaga pendidikan, ekonomi dan akhirnya akan berpengaruh terhadap sikap, pola perilaku dan nilai-nilai masyarakat. Hal lain yang sangat berperan dalam proses terjadinya perubahan di era giobalisasi adalah teknologi komunikasi sebagai transfer budaya dan informasi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Globalisasi Dan Saluran Proses Globalisasi. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: