dampak globalisasi

Pengaruh Globalisasi Dalam Kehidupan Di Berbagai Lingkungan

Posted on

Dengan globalisasi akan berpengaruh dalam kehidupan manusia di berbagai lingkungan, yakni perubahan sosial budaya yang memungkinkan rakyat dapat hidup layak. Hal ini dapatterwujud jika manusia mau berpola hidup modern.

dampak globalisasi

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S Poerwodarminto pengertian modern adalah cara-cara baru atau mutakhir. Modernisasi adalah proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dengan seluruh aspeknya dari tradisional ke modern. Modernisasi cenderung mengadakan perubahan-perubahan, perbaikan-perbaikan dan peningkatan-peningkatan dalam segala aspek kehidupan untuk mencapai keadaan yang lebih baik sesuai dengan tujuannya.

Proses modernisasi di dalam prakteknya mencakup proses-proses sosial dan kebudayaan yang ruang lingkupnya sangat luas. Hal ini tidak dapat ditetapkan batas-batasnya secara mutlak. Modernisasi di negara satu dengan negara yang lain berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi negara tersebut.

Modernisasi hanya bisa terjadi karena adanya dorongan. Menurut David C. MC. Clelland yang mendorong timbulnya modernisasi ada beberapa faktor antara lain sebagai berikut:


a. Kebutuhan untuk memperoleh hasil
b. Perasaan tanggung jawab terhadap
c. Memiiiki modal yang cukup
d. Berilmu pengetahuan yang tinggi.

Menurut Alex Inkeles, seorang sosiolog dari Universitas Havard Amerika serikat berpendapat bahwa ciri- ciri manusia modern meliputi:

a. Bersedia menarima gagasan-gagasan baru
b. Sanggup membentuk atau mempunyai pendapat mengenai sejumlah persoalan
c. Peka terhadap waktu, lebih mementingkan masa kini dan waktu mendatang dari pada masa lampau
d. Terlibatdalam perencanaan dan organisasi
e. Mampu menyakinkan kemampuan manusia
f. Mampu memperhitungkan keadaan
g. Sadarakan harga diri
h. Percaya pada ilmu dan teknologi
i. Yakin pada keadilan.

Dengan globalisasi dapat berpengaruh mendorong pelaksanaan pembangunan nasional, ini disebabkan dengan globalisasi akan terjadi kontak dengan budaya asing yang dapat menimbulkan proses difusi, akulturasi, asinilasi dan interksi sosial budaya. Di dalam proses-proses tersebut sudah terjadi perubahan-perubahan pola pikir, sikap, perilaku, sehingga menghasilkan suatu karya budaya yang beraneka ragam. Adanya penemuan ini dapat mempermudah dan memperlancar suatu pekerjaan, merupakan suatu pendorong yang kuat dalam proses perubahan pembangunan. Misalnya dengan ditemukannya komputer, teknologi luarangkasa, jenis- jenis tanaman yang unggul dan lain sebagainya yang akan mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku manusia.

Pelaksanaan pembangunan nasional dapat berjalan dengan lancar mengarah dalam mencapai tujuan, diperlukan beberapa faktor pendorong antara lain sebagai berikut:

a. Adanya perencanaan yang matang
b. Partisipasi aktif dari masyarakat
c. Adanya kebutuhan umum yang mendesak
d. Penemuan unsur kebudayaan baru
e. Kontak dengan budaya asing

Sedangkan faktor penghambat adlah sebagai berikut:

a. Sikap tertutup terhadap pembaharuan
b. Hidup boros
c. Sikap tidak jujur
d. Pasrah terhadap nasib
e. Kurang disiplin
f. Tidak suka bekerja keras

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengaruh Globalisasi Dalam Kehidupan Di Berbagai Lingkungan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: