dampak media massa

Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Media Massa

Posted on

Penyalahgunaan kebebasan pers dapat berdampak luas dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Dibawah ini akan kita bahas dampak dari penyalahgunaan kebebasan Media Massa Di Indonesia.

Bagi Kepentingan Pribadi

Dengan jasa pers seseorang dapat populer citra positifnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi sebaliknya seseorang hancur reputasinya karena pers. Nama baik seseorang dapat dirugikan apabila terjadi penyalahgunaan kebebasan berpendapatdan penyampaian pendapat informasi. Dalam konflik antaranggota masyarakat kemungkinan disebabkan opinipublik yang terpengaruh oleh tulisan media massa.

dampak media massa

Bagi Kepentingan Masyarakat

Masyarkat tidak mendapat informasi yang akurat serta terkadang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Hal ini terjadi karena tulisan dalam media masa yang kurang seimbang sumber informasinya dan dapat menimbulkan kesan yang berbeda-beda. Misalnya suatu konsep seorang tokoh yang tidak ilmiah tetapi karena sering diberitakan masyarakat menjadi terpengaruh.

Bagi Kepentingan Negara

Kebebasan berbicara dan menyampaikan pendapat dapat juga merugikan kepentingan negara jika disalah gunakan tulisan-tulisan yang termuat dalam media massa yang kurang mempertimbangkan kepentingan nasional. Terlebih lagi,jika yang disampaikan merupakan tulisan yang tidak didasarkan fakta yang benar.

Hal semacam itu akan menimbufkan dampak, sebagai berikut.


  1. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berkurang karena tidak percaya terhadap pemerintah. Masyarakat bersikap apatis dan acuh tak acuh terhadap berbagai program pemerintah. Akibatnya lebih lanjut adalah tingkat partisipasrmasyarakat dalam pembangunan, menjaga keamanan, dan Iain-lain akan menurun.
  2. Kepercayaan luar negeri luntur
    Jika tingkat kepercayaan luar negeri yang berkurang akibatnya, minat kerja sama terutama kerja sama ekonomi, penanaman investasi, pemberian bantuan, pemberian pinjaman, dan sebagainya, juga akan menurun. Jika tidak ada lagi kepercayaan negara lain terhadap kita, jatuhlah harga diri kita sebagai bangsa. Tentu saja akibat lebih lanjut adalah kita akan mengalami kesulitan dalam bekerja sama dengan dunia internasional dan pembangunan ekonomi mengalami hambatan. Akhirnya,kesejahteraan rakyat terabaikan dan kurang terpenuhi kebutuhan pokok rakyat.Bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan pers tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Penyiaran berita yang tidak memenuhi koae etik jurnalistik
    Penyiaran berita dan penyampaian informasi yang tidak memenuhi kode etik jurnalistik dan kewartawanan dapat terjadi. Hal ini karena ketidak sengajaan atau sebaliknya dan atau kurang profesionalnya seorang peiaku pers.
  • Peradilan oleh pers
    Berita kurang berimbang dan tidak menggunakan pihak kedua (side both) kadang-kadang terlalu jauh mengadili person tertentu. Tentu saja secara tidak langsung melanggar asas praduga tidak bersalah (presumption of innocence).
  • Membentuk opini yang menyatatkan
    Dalam masyarakat tidak isrtutup kemungkinan terjadi suatu berita media massa yang dipahami secara tidak tepat, baik karena tingkat pemahaman pembaca maupun karena isi berita dan informasi media tersebut bertendensi membentuk opini publik demi kepentingan tertentu. Objektivitas berita dan informasi kurang dipentingkan. Dengan demikian, masyarakat dapat terpengaruh pola pikir dan pendapat yang menyesatkap. Iklan – yang menggunakan bahasa serta informasi yang dilebih-lebihkan, karena hanya mengejar nilai keuntungan semata, jelas dapat merugikan masyarakat.
  • Bentuk tulisan yang bersifat provokatif .
    Pemuatan suatu berita pi pars dapat menirnbulkan emosi masyarakat, hal ini terjadi karena kekhilafan penulis berita atau redaksi atas peliputan peristiwa tertentu atau mungkin juga disebabkan oleh informasi sumber berita atau sebab-sebab yang lain.
  • Pelanggaran terhadapketentuSn undang-undang hukum pidana
    Sanksi penyalahgunaan penyampaian informasi dan komunikasi, antara lain, terdapat dalam KUHP, misalnya Pasal 137 KUHP.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Media Massa. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: