pelestarian alam

Usaha Usaha Yang Dilakukan Dalam Pelestarian Lingkungan

Posted on

Usaha Usaha Yang Dilakukan Dalam Pelestarian Lingkungan

Sebagian dari hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan Indonesia kini telah langka sebagai akibat dari ulah manusia. Hutan-hutan ditebang tanpa perhitungan dan hewan-hewannya terus-menerus diburu.

Untuk memelihara kelestarian alam, hewan dan tumbuh-tumbuhan perlu mendapat perlindungan. Itulah sebabnya pemerintah mengeluarkan undang-undang perlindungan hewan liar atau satwa langka. Dengan keluarnya undang-undang tersebut, beberapa macam hewan langka mendapat perlindungan.

Hewan-hewan yang dilindungi, antara lain sebagai berikut.

  • Berbagai jenis burung: dara laut, bangau hitam, kuntul, bangau putih, pelatuk besi, alap-alap putih, dara mahkota, ibis hitam dan putih, jalak bali, rangkok, bluwok, kasuari, cendrawasih, bebek laut, dan angsa laut.
  • Binatang menyusui: mawas, siamang, badak, tapir, kambing hutan, orang utan, harimau, gajah, badak bercula satu, trenggiling, dan lain- lain.

Selain itu, beberapa kawasan hutan tempat hidup hewan-hewan langka dilarang digunakan sebagai tempat berburu. Kawasan hutan yang dilarang untuk berburu dan dimaksudkan untuk perlindungan satwa disebut hutan suaka margasatwa.


  • Suaka margasatwa yang terkenal, antara lain adalah sebagai berikut. Suaka margasatwa Gunung Leuser di Nanggroe Aceh Darussalam, merupakan suaka margasatwa terbesar di Indonesia. Hewan-hewan yang mendapat perlindungan di tempat ini antara lain: gajah, badak sumatera, orang utan, tapir, harimau, kambing hutan, rusa, dan berbagai jenis burung.
  • suaka margasatwa Sumatera Selatan I di Sumatera Selatan, merupakan tempat untuk perlindungan tapir, badak, kerbau liar, harimau sumatera, gajah, dan rusa.
  • Suaka margasatwa Baluran di Jawa Timur, merupakan tempat untuk rerundungan badak, banteng, kerbau liar, anjing hutan, berbagai jenis kera, lutung, rusa, babi hutan, ayam hutan, dan burung merak.
  • Suaka margasatwa Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, merupa- kan tempat yang dikhususkan untuk perlindungan biawak komodo. Hewan lain yang dilindungi di tempat ini ialah burung kakaktua, ayam hutan, kerbau liar, babi hutan, dan rusa.
  • Suaka margasatwa Pulau Moyo di Sumbawa, merupakan tempat untuk perlindungan burung kakaktua, ayam hutan, sapi liar, babi hutan, dan rusa.
  • Suaka margasatwa Kutai di Kalimantan Timur, merupakan tempat untuk perlindungan babi hutan, banteng, orang utan, rusa, dan bekantan (kanau).

Ada pula kawasan hutan yang disebut sebagai suaka alam atau cagar alam. Cagar alam merupakan kawasan hutan untuk perlindungan hewan, tumbuh-tumbuhan, tanah, tempat-tempat bersejarah, dan keindahan iiumnya. Cagar alam yang terkenal di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Cagar Alam Pulau Dua di Jawa Barat, merupakan tempat yang selain dimanfaatkan untuk pelestarian hutan, pulau ini juga digunakan untuk perlindungan berbagai jenis burung laut. Oleh karena itu, tempat ini terkenal dengan sebutan “Kerajaan Burung”.
  • Cagar Alam Cibodas di kaki Gunung Gede Jawa Barat, merupakan cadangan hutan di daerah basah (banyak turun hujan). Daerah demikian menjadi daerah pengisian air tanah (recharge area).
  • Cagar Alam Ujung Kulon di Banten, merupakan tempat untuk perlindungan berbagai jenis binatang yang terkenal, antara lain badak bercula satu, rusa, buaya, banteng, babi hutan, dan burung merak.
  • Cagar Alam Penanjung-Pangandaran di Banten, merupakan tempat yang selain dimanfaatkan untuk pelestarian hutan, tempat ini digunakan pula untuk perlindungan rusa, banteng, dan babi hutan.
  • Cagar Alam Lalijiwo di Jawa Timur, di tempat ini terdapat hutan alam tumbuhan alpina dan berbagai jenis cemara.
  • Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu, merupakan tempat yang khusus untuk perlindungan bunga Rafflesia Arnoldi (bunga bangkai) yang merupakan bunga terbesar di dunia.
  • Cagar Alam Sibolangit di Sumatera Utara, di tempat ini terdapat flora asli khas dataran rendah Sumatera, antara lain pohon lebah dan bunga bangkai raksasa.
  • Cagar Alam Rimbo Panti di Sumatera Barat, di tempat ini terdapat tumbuh-tumbuhan khas Sumatera Barat dan hewan-hewan, antara lain tapir dan siamang

Sekian materi yang diberikan seputar¬†Usaha Usaha Yang Dilakukan Dalam Pelestarian Lingkungan,¬†semoga dapat membantu dan menambah wawasan para pembaca khusus nya dalam pelajaran Geografi. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu dipostingan selanjutnya…