Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Klasifikasinya Terlengkap

Posted on

Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Klasifikasinya Terlengkap

Penelitian merupakan terjemahan dari bahasa inggris yaitu “Research” yaitu sebuah gabungan dari kata “re” (kembali) dan “search” (mencari), sedangkan berdasarkan sumber lain, mengatakan bahwa research berasal dari bahasa Perancis. Namun inti dari kata tersebut masih sama yaitu “mencari kembali”. Definisi dari penelitian saat ini bermacam-macam, dapat disimpulkan bahwa Penelitian merupakan suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterprestasiak atau merevisi kata-kata.

Untuk lebih jelasnya baca juga : Pengertian Penelitian, Ciri-Ciri, Sikap Peneliti dan Tujuan Penelitian

begitu pula dengan jenis-jenis nya, terdapat banyak jenis penelitian yang disesuaikan dengan cara pandang dan aspek dari mana penelitian tersebut diklasifikasikan. Tujuan pengklasifikasian dari jenis-jenis penelitian hanya bertujuan untuk memudahkan kita. Berikut ini merupakan jenis-jenis penelitian berdasarkan kalsifikasinya.

Jenis Jenis Penelitian

Jenis penelitian berdasarkan tujuan

  1. Penelitian Eksplorasi
    Penelitian Eksplorasi merupakan jenis penelitian yang dilakukan untuk menemukan ilmu dan masalah-masalah yang baru dalam bidang pendidikan.
  2. Penelitian Pengembangan
    Penelitian pengembangan adalah penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan ilmu pendidikan yang telah ada.
  3. Penelitian Verifikasi
    Penelitian verifikasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menguji kebenaran ilmu pendidikan yang telah ada.

Jenis Penelitian berdasarkan pendekatan

  1. Penelitian kuantitatif
    Penelitian Kuantitatif (quantitative research) adalah penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabel-variabel tertentu, sehingga akan menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang dapat digeneralisasikan.
  2. Penelitian Kuliatatif
    Penelitian Kuliatatif (Qualitative Research) adalah peneltiian yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang brsangkutan, dan dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif dilapangan tanpa adanya manipulasi serta data yang dikumpulkan adalah data kualitatif.
  3. Penelitian Perkembangan
    Penelitian Perkembangan (Developmental Reseach) adalah penelitian tentang pola dan urutan pertumbuhan atau perubahan fungsi waktu. Objek dalam penelitian ini adalah perubahan atau kemajuan yang dicapai oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan individu dalam kurun waktu tertentu. Penelitian perkembangan terdiri dari tiga jenis yaitu.

    • Studi alur panjang (longitudinal)
    • Studi silang-sekat (cross-selectional)
    • Studi kecenderungan (ternd)

Jenis penelitian berdasarkan tempat

  1. Penelitian Kepustakaan
    Penelitian Kepustakaan (library research) adalah penelitian yang dilaksanakan di perpustakaan.
  2. Penelitian laboratrium
    Penelitian laboratrium (laboratory research) adalah penelitian yang dilaksanakan di laboratorium. Penelitian ini sering digunakan dalam penelitian eksperimen.
  3. Penelitian lapangan
    Penelitian lapangan (field research) adalah penelitian yang dilaksanakan di suatu tempat, dan tempat itu diluar perpustakaan dan laboratorium.

Jenis Penelitian berdasarkan Fungsi

  1. Penelitian dasar
    Penelitian dasar (basic/fundamental research) adalah penelitian yang digunakan untuk menemukan dan mengembangkan konsep-konsep, prinsip, generalisasi dan teori baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dengan prinsip dan hukum-hukum ilmiah.
  2. Penelitian Terapan
    Penelitian Terapan (applied research) adalah penelitian yang dilakukan berkenaan dengan pemecahan masalah dan kenyataan-kenyataan praktis.
  3. Penelitian Tindakan
    Penelitian Tindakan (action research) adalah penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki proses dan pemahaman tentang praktik-prakti pendidikan secara utuh, mengembangkan profesional dan menignkatkan hasil kerja.
  4. Penelitian Penilaian
    Penelitian Penilaian (assessment research) adalah penelitian yang dilakukan untuk menentukan perubahan atau perbaikan perilaku individu setelah menjalani suatu perlakuan dengan waktu dan program tertentu.
  5.  Penelitian Evaluasi
    Penelitian Evaluasi (evaluation research) adalah penelitian yang digunakan untuk memberikan penilaian keberhasilan, manfaat, kegunaan, sumbangan, dan kelayakan suatu program.
  6. Penelitian Komparatif
    Penelitian Komparatif (comparative research) adalah penelitian yang digunakan untuk membandingkan antara dua kelompok atau lebih ke suatu variabel tertentu yang betujuan untuk melihat perbedaan dua tau lebih situasi, peristiwa, kegiatan, atau program yang sejenis atau hampir sama.
  7. Penelitian Korelasional
    Penelitian korelasional digunakan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antarvariabel atau untuk menyatakan besar-kecilnya hubungan antara dua variabel atau lebih.
  8. Penelitian Studi Kasus
    Tujuan penelitian studi kasus adalah untuk mempelajari secara mendalam dan sistematis dalam kurun waktu cukup lama tentang sesuatu kasus sehingga dapat dicari alternatif pemecahannya.
  9.  Penelitian dan Pengembangan
    Penelitian dan pengembangan (Research and Development) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan.

Jenis-jenis penelitian berdasarkan metode

  1. Penelitian sejarah
    Penelitian sejarah memfokuskan kajiannya terhadap fenomena, peristiwa atau perkembangan yang terjadi pada masa lampau.
  2. Penelitian deskriptif
    Penelitian deskriptif adalah penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena dan peristiwa yang terjadi saat ini.
  3. Penelitian eksperimen
    Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel lain dalam konsisi yang terkontrol secara ketat.
  4. Penelitian survey
    Penelitian survey adalah penelitian yang digunakan untuk megambil sample dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.
  5. Penelitian ekspos fakta
    Penelitian ekspos fakta (after the fact) adalah penelitian yang dilakukan terhadap suatu kejadian yang telah berlangsung.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Klasifikasinya Terlengkap.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.