tip-fgd

Tips dan Trik Menghadapi Focus Group Discussion (FGD) 100% LOLOS

Posted on

Tips dan Trik Lolos Menghadapi Focus Group Discussion

Untuk anda yang sedang mengikuti tes seleksi pekerjaan biasanya terdapat berbagai macam jenis tes yang dilakukan. Salah satu tes yang dilakukan yaitu dengan mengadakan Focus Group Discussion. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Focus Group Discussion, baca artikel berikut:

Baca juga :  Pengertian Focus Group Discussion (FDG) atau Diskusi Terarah

Sebagian besar perusahaan atau instansi saat ini menggelar rekrutmen melalui jalur akselerasi karir seperti melalui Management Traine (MT) atau Officer Development Program (ODP), atau melalui jalur rekrutmennya sendiri. Salah sau tahap penerimaan karyawan baru biasanya terselip sebuah tahapan yang bernapa Focus Group Discussion (FDG). Bagi kalian yang belum pernah melewati tahapan tersebut pasti akan merasa bingung. Kali ini PelajaranSekolahOnline.com akan memberikan gambaran singkat mengenai apa yang dimaksud dengan tes FGD dan poin apakah yang menjadi penilaian dalam proses tersebut.

Focus Group Discussion (FGD) adalah sebuah tes yang mengelompokkan peserta seleksi atau rekrutmen ke dalam beberapa kelompok yang biasanya terdiri dari 5-10 orang. Masing-masing kelompok diskusi akan diberikan sebuah kertas bacaan dan sebuah kertas kosong. Pengawas akan memulai diskusi paling tidak sekitar 10-20 menit setelah peserta membaca kertas bacaan yang telah dibagi dan menuliskan poin-poin, ide, dan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi dalam perusahaan dalam kertas tersebut.

Poin dalam Focus Group Discussion (FGD)

Dalam tes yang dilakukan terdapat beberapa poin penilaian yang dilihat dari pengawas. Berikut beberapa poin penilaiannya.


  1. Inisiatif
    Adanya inisiatif peserta dalam FGD menunjukkan bahwa peserta memiliki jiwa leadership dan confidence yang baik. Peserta yang mampu membuka diskusi, memberikan solusi, dan mengingatkan masalah waktu akan mendapatkan poin lebih dari pengawas.
  2. Ide atau Solusi
    Semakin peserta dapat menuangkan ide dan solusi yang relevan maka anda boleh berharap untuk mendapat poin lebih dari pengawas. Jadi jangan sia-siakan kertas kosong yang dibagikan oleh pengawas, tulis saja ide atau solusi yang dapat anda lakukan dengan relevan.
  3. Sampaikan ide dan solusi
    Sampaikan ide dan solusi anda terhadap maslah yang ada dalam kertas bacaan, jika perlu anda dapat menjelaskan melalui papan tulis seperti anda sedang berpresentasi. Karena pengawas akan melihat bagaimana anda menyampaikan ide dan solusi dalam proses diskusi.
  4. Mampu mengarahkan diskusi
    Ketika anda mampu membuat kelompok diskusi anda menjadi hidup, sudah pasti pengawas memberikan poin lebih kepada anda. Namun dalam mengarahkannya jangan terlalu memaksakan kehendak, karena dalam kelompok tidak hanya ada ide anda saja, lihat dan perhatikan jiga ide-ide peserta lainnya.
  5. Kepedulian
    Jika dirasa anda belum dapat melakukan poin ke-empat, ada baiknya anda membantu peserta lain yang mungkin terlihat tidak aktif atau belum menyampaikan pendapatnya.

Tips dan Trik Mengikuti FGD

Setelah kita mengetahui poin penilaian dalam tes FGD, berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan agar lolos mengikuti tes FGD.

  • Tulis secara jelas dan singkat tentang ide, solusi dan masalah yang anda temukan dalam kertas bacaan. Untuk lebih mudah meringkasnya anda dapat menggunakan format penulisan seperti berikut ini.

IDENTIFIKASI SITUASI DAN MASALAH
a. …..
b. …..
c. …..

SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN
a. ….
b. ….
c. …

Namun usahakan anda tetap bisa relevan dalam memberikan pendapat sesuai dengan situasi yang ada dan jangan berlebihan.

  • Jika dirasa para peserta sudah selesai membaca dan diskusi sudah dimulai, anda dapat membuka diskusi tersbut terlebih dahulu karena hal tersebut juga akan menambah poin positif untuk anda.
  • Sampaikan pendapat dengan bertanya. Jika kebanyakan peserta memberikan pendapatnya dengan mengatakan “menurut pendapat saya….” atau “Pandangan saya tentang masalah ini …”. anda dapat menggantikan dengan “Bagaimana menurut teman-teman jika masalah ini …”. Cara tersebut juga merupakan poin untuk anda, karena anda dapat membuat para peserta memberikan penyanggahan atas pendapat anda dan membuat suasana diskusi menjadi lebih hidup.
  • Jika ada pendapat peserta lain yang dirasa tidak sepandangan dengan anda, anda dapat melakuan debatnamun tetap elegan . Sampaikan pendapat anda secara smart dan komprehensfi, dan tunjukan bahwa pendapatnya baik tapi pendapat anda lebih baik.
  • Jika waktu diskusi telah habis, anda dapat mengingatkan kepada peserta lain. Jika dalam diskusi tersebut belum ada kesimpulan, maka anda dapat mengarahkan mereka pada sebuah kesimpulan.
  • Be confident, smart dan meyakinkan. Untuk melakukan semua itu anda harus berpenampilan yang baik dan memiliki wawasan yang luas tentang dunia perusahaan.

Demikian artikel yang diberikan tentang Tips dan Trik Menghadapi Focus Group Discussion (FGD) 100% LOLOS semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..