voli

Sejarah, Teknik Dasar, Ketentuan Dan Peraturan Dalam Permainan Bola Voli Terlengkap

Posted on

Permainan bola voli merupakan permainan yang cukup terkenal di Indonesia. Bola voli dimainkan oleh 2 regu yang tiap regu terdiri atas 6 pemain. Regu yang dinyatakan menang adalah yang pertama berhasil mengumpulkan nilai 25 poin yang akan dimainkan dalam 3 atau 5 babak pertandingan. Poin akan diperoleh ketika pemain mampu menembus pertahanan lawan, mampu menahan serangan iawan, dan dapat mematikan gerakan lawan.

voli

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan, tahun 1895. Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA) di Kota Hoyoke, Amerika Serikat. Permainan ini memiliki tujuan awal untuk mengembangkan kebugaran jasmani. Permainan bola voli merupakan pengembangan dari permainan bola basket. Bola basket dianggap menghabiskan tenaga yang cukup besar hanya dapat dilakukan oleh para pemuda saja. Sementara itu, bagi orang tua permainan bola basket tersebut sangat melelahkan. Suatu saat, Morgan mencoba menciptakan sebuah permainan yang lebih ringan, Misalnya, dengan menggunakan bola yang ukurannya lebih kecil daripada ukuran bola basket. Akhirnya, ia pun menemukan permainan tersebut, kemudian dinamakan mintonette, artinya bola pantul. Tahun 1896 nama mintonette diganti oleh Alfred T. Halstead dengan nama volley ball yang artinya melambungkan bola.

Setelah diujicobakan, permainan tersebut ternyata sangat digemari masyarakat. Oleh karena itu, dibentuklah badan pervolian dunia. Badan tersebut dikenal dengan FIVB (Federation Internationale de Volley Ball). Di Indonesia, tanggal 22 Januari 1955 didirikan suatu badan pervolian. Badan tersebut dinamakan PBVSI. PBVSI singkatan dari Persatuan Bola Voii Seluruh Indonesia. Saat itu bersamaan dengan kejuaraan nasional pertama. Sejak saat itu juga, permainan voli semakin berkembang. Dengan perkembangannya itu, permainan voli menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON II (Pekan Olahraga Nasional) di Jakarta.

Teknik Dasar dan Taktik Permainan Bola Voli

Teknik merupakan suatu upaya pelaksanaan suatu gerak secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam setiap permainan, pengenalan teknik sangat penting. Alasannya, teknik adalah kunci keberhasilan suatu permainan. Teknik permainan bola voli adalah cara memainkan bola voli secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang optimal. Beberapa teknik dasar dalam bola voli, yaitu teknik servis, smash, passing, dan blocking. Sedangkan taktik merupakan rencana yang digunakan dalam sebuah pertandingan dengan tujuan meraih kemenangan secara sportif. Taktik dalam permainan bola voli sebagai berikut.

Taktik Penyerangan
Pada taktik penyerangan prinsipnya adalah berusaha mematahkan bola di lapangan lawan dengan cara apa pun sesuai dengan peraturan yang ada dengan sportivitas yang tinggi.

Taktik Pertahanan
Regu bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dari lawan dengan harapan lawan akan membuat kesalahan dengan sendirinya. Prinsipnya agar dalam bertahan dapat melakukan serangan balik terhadap lawan.

Taktik Perorangan
Siasat perorangan dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental dengan cepat untuk menghadapi situasi tertentu, tentu saja dengan sportif.


Taktik Kelompok
Sebuah siasat yang diaturdan dijalankan oleh dua sampai lima orang pemain dalam bentuk bertahan dan menyerang untuk mencari kemenangan secara sportif.

Taktik Regu
Sebuah siasat yang diperankan oleh tim dalam bekerja sama untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktik ini merupakan tujuan akhirtim sebagai usaha mencapai prestasi maksimal.

Ketentuan dan Peraturan Pertandingan Bola Voli

Sarana dan Prasarana

  • Lapangan Bola Voli
    Lapangan untuk permainan bola voli berbentuk persegi panjang, panjang lapangan 18 m, lebar lapangan 9 m, panjang net 9,50 m, lebar net 1,00 m, mata net 10 cm, dan tinggi net putra 2,47 m.
  • Bola
    Bola terbuat dari kulit yang lunak dan telah disetujui oleh PBVSI.
    Keliling bola = 63,5-68,6 sentimeter.
    Berat bola = 250-280 gram.

Pemain

Berdasarkan pada tugas dan posisinya pemain bola voli dibedakan menjadi empat macam sebagai berikut.

  • Smasher/Spiker (Penyerang)
    Pemain ini bertugas sebagai penyerang utama atau pendobrak pertahanan lawan.Set Upper atau Tosser (Pemain Pengumpan)
  • Pemain ini bertugas sebagai pengatur serangan dengan cara memberi umpan kepada smasher secara cerdik dan secermat mungkin untuk menghindari block dari lawan sehingga smasher mampu menembus pertahanan lawan.
  • Libero (Pemain Bertahan)
    Pemain ini bertugas sebagai pemain bertahan, posisinya di belakang, tidak boleh melakukan servis, smash, dan block.
  • Universaler (Pemain Serba Guna)
    Pemain ini adalah pemain serba bisa untuk ditempatkan pada posisi bertahan, menyerang, melakukan umpan.

Petugas-Petugas dalam Pertandingan Bola Voli

  • Wasit I (Referee)
    Wasit I bertugas sebagai berikut.

    • Bertanggung jawab atas jalannya pertandingan.
    • Harus meniup peluit kapan saja, diperlukan untuk memutuskan suatu kesalahan, hukuman, pindah servis, atau tambah nilai.
    • Mempunyai kekuasaan mutlak.
  • Wasit II (Umpire)
    Wasit II bertugas sebagai berikut.

    • Membantu wasit I.
    • Setiap ada time out, wasit II harus menguasai bola yang dimainkan dan memberikan
      laporan beberapa kali time out, dan pergantian pemain pada masing-masing tim.
    • Jika wasit I dianggap tidak cakap, wasit II bisa mengambil alih posisi wasit I.

Pencatat Nilai (Scorer)

Scorer bertugas sebagai berikut.

  • Mencatat nilai dan menghitung jumlah time out pada masing-masing tim yang bertanding.
  • Mencatat dan menguasai urutan servis dari masing-masing tim serta mencatat semua teguran dan peristiwa yang terjadi ketika pertandingan berlangsung.

Linesman (Penjaga atau Pengawas Garis)

Linesman bertugas sebagai berikut.

  • Mengawasi keluar masuknya bola untuk dilaporkan kepada wasit pertama dengan menggunakan kode yang telah ditentukan.
  • Dalam pertandingan penting sebaiknya menggunakan empat hakim garis yang ditempatkan pada masing-masing pojok garis perpanjangan dengan membawa bendera kecil.
  • Pengawas dan pengambil bola
    Tugas utama mengambil bola yang keluar dari lapangan. Petugas pengambil bola berjumlah 6 orang, 4 orang ditempatkan di masing-masing sudut lapangan dan 2 orang di belakang wasit I dan wasit II.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Sejarah, Teknik Dasar, Ketentuan Dan Peraturan Dalam Permainan Bola Voli Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: