bulutangkis

Pengertian, Alat Fasilitas, Teknik , Dan Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis Terlengkap

Posted on

Anda tentu mengenal Susi Susanti, Liliana Natsir, Taufik Hidayat, dan Simon Santoso, bukan? Mereka adalah atiet-atlet bulu tangkis yang telah mengukir prestasi membanggakan bagi bangsa Indonesia. Pada pelajaran ini Anda akan mengenal permainan bola kecil, yaitu bulu tangkis. Bermainlah dengan senantiasa menjunjung nilai kerja sama, kejujuran, saling menghargai, kerja keras, dan percaya diri.

bulutangkis

Pengertian Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah suatu permainan yang setiap pemainnya memerlukan bantuan sebuah raket. Sebagai pengganti bola dipergunakan sebuah kok (shuttlecock) yang dipukul secara bergantian oleh setiap regu yang sedang bertanding. Tujuan permainan bulu tangkis adalah untuk mendapatkan shuttlecock dengan cara mengembalikan atau memukul shuttlecock sedemikian rupa sehingga jatuh ke lantai atau lawan tidak bisa mengembalikan kok dengan baik.
Olahraga bulu tangkis cukup populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, Indonesia. Indukorganisasi bulu tangkis nasional adalah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), didirikan pada tahun 1951. Adapun peraturan permainan bulu tangkis ditetapkan oleh IBF (Internatinal Badminton Federation). Indonesia secara resmi menjadi anggota IBF pada tahun 1953.

Alat dan Fasilitas Permainan Bulu Tangkis

Alat dan fasilitds yang dipakai dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

Raket

Raket harus berukuran panjang tidak boleh lebih dari 68 cm dan kepala raket mempunyai panjang tidak lebih dari 23 cm. Permukaan raket yang dipasang senar berukuran tidak lebih dari panjang 28 cm dan lebar 22 cm.

Kok (Shuttlekock)

Kok harus mempunyai 16 lembar bulu yang ditancapkan pada dasar kok atau gabus yang dilapisi kajn atau kulit, berat kok berkisar antara 73—85 gram (4,74 gram-5,00 gram).

Jaring atau Net

Jaring atau net terbuat dari tali halus dan berwarna gelap, lubang-lubangnya berjarak 15-20 mm. Panjang net sesuai dengan lebar lapangan, yaitu 6,10 m dan 76 cm bagian atas pita putih selebar 7,5 m. Tinggi tiang net 155 cm dan bagian tengah net 1,524 m dari permukaan lantai.

Lapangan

Panjang lapangan 13,40 meter digunakan untuk partai tunggal(single) dan ganda (double). Lebar lapangan 6,10 meter digunakan untuk partai ganda dan ukuran 5,18 meter digunakan untuk partai tunggal.

Teknik Permainan Bulu Tangkis

Berikut ini penjelasan mengenai teknik-teknik dalam permainan bulu tangkis.

Cara Memegang Raket (Grips)
  •  American Grip
  •  Forehand Grip
  •  Backhand Grip
  •  Combination Grip
Cara Memukul bola

Servis
Servis adalah pukulan bola pertama untuk mengawali sebuah permainan bulu tangkis. Pukulan servis memiliki beberapa jenis sebagai berikut.


  • Servis Panjang (Long Service)
    Servis panjang dilakukan dengan memukul kok dari bawah dan diarahkan ke bagian belakang atas lapangan permainan lawan.
  • Servis Pendek (Short Service).
    Servis pendek diarphkan ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan pada permainan ganda.
  • Flick Service.
    Flick Service adalah cara yang dilakukan seperti servis pendek, namun pada saat hampir menyentuh kok secara tiba-tiba pergelangan tangan dilecutkan sehingga laju shuttlecock menjadi kencang dan melambung ke bagian belakang daerah servis. Jenis servis ini banyak digunakan pada permainan ganda.

Lob
Pukulan lob dapat dilakukan dari bawah maupun dari atas kepala. Jenis-jenis pukulan lob sebagai berikut.

  • Lob serangPukulan lob serang dapat dilakukan dari atas dan lob serang dari bawah. Tujuan pukulan lob serang adalah untuk menyerang.
  • Lob Penangkis
    Pukulan lob penangkis dapat dilakukan dari atas dan dari bawah. Tujuan pukulan lob penangkis adalah untuk mempertahankan serangan.

Drive
Pukulan ini biasa digunakan untuk menekan lawan atau untuk tidak memberikan kesempatan kepada lawan mendapatkan bola-bola melambung sehingga lawan tidak mendapat kesempatan menyerang dengan pukulan overhead.

Smash
Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan cepat dan sekeras-kerasnya ke arah bawah lapangan lawan. Ada beberapa macam Rukulan smash, yaitu smash penuh, smash potong, around the head smash, dan backhand smash.

Dropshot
Pukulan ini dilakukan dengan tujuan menempatkan bola secepatnya dan sedekat-dekatnya dengan net pada lapangan lawan. Dropshot dapat dilakukan dari bagian atas dan bagian bawah.

Net Play (Permainan Net)
Pukulan net adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di daerah lawan.

Beberapa prinsip permainan net sebagai berikut:
1) shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin;
2) lambungan shuttlecock harus serendah mungkin dengan net;
3) jatuhnya bola harus serapat mungkin dengan net.

Menerapkan Peraturan dalam Permainan Bulu Tangkis

Peraturan dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

1. Pemain (player) dalam bulu tangkis terdiri atas:

  • pemain tunggal (single)]
  • pemain ganda (double)]
  • pemain ganda campuran (mixed double).

2. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dibantu oleh empat hakim garis. Apabila bola keluar garis, isyarat yang ditunjukkan hakim garis adalah merentangkan kedua tangannya ke samping.

3. Sebelum permainan dimulai, diadakan undian (toss) terlebih dahulu untuk menempatkan atau melakukan servis terlebih dahulu bagi regu yang memenangkan undian/foss.

4. Perhitungan (scoring) dalam bulu tangkis memiliki ketentuan sebagai berikut.

  • Dilakukan dengan dua kali kemenangan.
  • Sejak 1 Februari 2006, seluruh partai permainan memakai sistem ’’pemenang dua dari tiga set” (best of three) yang masing-masing diraih demham sistem penilaian rally point, yaitu dengan jumlah setiap game 21 dan apabila terjadi kedudukan nilai 20-20 maka disebut deuce atau yus sehingga untuk mencari kemenangan setelah kedudukan tersebut selisih nilai 2 poin lebih dulu haus diraih.

5. Jika pihak server (inside) melakukan kesalahan, penerima server (outside) dinyatakan pindah bola dan mendapat nilai satu poin.

6. Jika penerima server melakukan kesalahan, pemain server mendapat nilai satu poin.

7. Server melakukan kesalahan jika:

  • letak suttlecock pada saat dipukul lebih tinggi dari pinggang server, atau
  • pada saat shuttlecock dipukul, badan raket tidak diarahkan ke bawah sedemikian rupa sehingga seluruh bagian kepala raket tidak secara jelas dan nyata berada di bawah tangan server yang sedang memegang raket.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Alat Fasilitas, Teknik , Dan Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: