cerpen dan hail penelitian

Cara Menemukan Nilai-Nilai Dalam Cerpen Dan Cara Mengomentari Tanggapan Hasil Penelitian

Posted on

Setiap orang memiliki kreativitas masing-masing. Dalam membaca sebuah cerpen, setiap orang akan memiliki kesan yang berbeda-beda. Pembaca yang kreatif dapat menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacanya. Nilai-nilai tersebut dapt dijadikan sebagai bentuk pelajaran bagi pembaca. sehingga selain memperoleh hiburan, pembaca cerpen juga dapat menemukan pelajaran hidup yang bermanfaat bagi dirinya.
Pada pelajaran kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menemukan nilai nilai yang ada pada cerpen dan bagaimana mengomentari tanggapan hasil penelitian.

cerpen dan hail penelitian

Menemukan Nilai-Nilai dalam Cerpen

Penulis cerpen tidaklah asal-asalan membuat cerita. Penulis menuangkan idenya berdasarkan sebuah nilai yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Cerita pendek tidak hanya berisi rangkaian peristiwa. Ada hal penting yang disampaikan pengarang kepada pembaca. Dalam cerpen, seorang pengarang kadang menampilkan nilai-nilai kehidupan yang ada di dalam masyarakat. Hal tersebut diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman hidup pembaca. Pembaca cerpen menjadi lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi kehidupan sekitar.

Nilai kehidupan dapat ditemukan dalam cerpen melalui ucapan, tindakan, pikiran, dan perasaan tokoh-tokoh cerita. Nilai-nilai terse but, meliputi nilai moral budaya agama, etika, kasih sayang, pendidikan, persahabatan, patriotisme, religius, dan kemanusiaan. Nilai suatu cerpen dapat ditemukan dengan menganalisis hal-hal, seperti ide ceritayang disajikan pengarang (tema), tokohdan penokohan, alur, latardan peristiwa, serta amanat.


Berikut ini penjelasan dari nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen.

  1. Nilai ketuhanan: berkaitan dengan hubungan antar^tnanusia dengan Tuhan.
  2. Nilai agama: menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan.
  3. Nilai moral: mengatur hubungan yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dqn etika antarmanusia.
  4. Nilai budaya: menyangkut masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosialnya.
  5. Nilai sosial: menyangkut hubungan antarmanusia dalam kehidupan sosialnya.
  6. Nilai pendidikan: berhubungan dengan ajaran yang dapat diambil dari sebuah karya.
  7. Nilai psikologis: menyangkut masalah eksistensi, ketakutan, dendam, dan nilai-nilai lain yang dialami jiwa manusia.
  8. Nilai estetika: berkaitan dengan keindahan kebahasaan dalam sastra.

Mengomentari Tanggapan Hasil Penelitian

Tanggapan setiap orang terhadap presentasi hasil penelitian tentunya beragam. Ada yang mendukung, mengkritik, bahkan menolak. Berbagai tanggapan tersebut tentunya harus dikemukakan dengan alasan yang tepat dan kuat.

Melalui tanggapan-tanggapan akan terlihat kelebihan serta kekurangan yang ada dalam sebuah laporan penelitian. Jika terdapat kekurangan, penyimak dapat memberikan saran atau masukan yang dapat melengkapi hasil penelitian tersebut. Cara setiap orang dalam menanggapi hasil penelitian pun beragam. Hal ini dapat diamati sekaligus diberi tanggapan.

Hasil penelitian merupakan karya seseorang yang bersifat ilmiah. Hal tersebut berarti tanggapan yang disampaikan ketika hasil penelitian dipresentasikan harus didasari sikap- sikap ilmiah dan alasan-alasan yang logis. Selain berdasarkan sikap ilmiah, tanggapan harus disampaikan seperti berikut.

  1. Singkat, padat, dan dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan.
  2. Langsungpadasasaran.
  3. Sesuai topik yang didiskusikan.
  4. , Bersifat objektif sesuai materi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Menemukan Nilai-Nilai Dalam Cerpen Dan Cara Mengomentari Tanggapan Hasil Penelitian . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: