facta opini

Cara Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial Lengkap Dengan Contoh

Posted on

Editorial atau tajuk rencana adalah tulisan dalam surat kabar atau majalah yang berisi permasalahan aktual. Tulisan tersebut ditulis berdasarkan sudut pandang redaksi surat kabar atau majalah tersebut.

facta opini

Tajuk rencana membahas masalah atau informasi yang sedang hangat berkembang dalam masyarakat. Tajuk rencana merupakan karangan utama atau karangan pokok dalam surat kabar, majalah, ataupun tabloid. Dalam tajuk rencana terdapat fakta dan opini yang diungkapkan. Fakta merupakan hal yang berupa kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada, terjadi, dan ada buktinya. Opini merupakan pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tentang sesuatu.

Contoh fakta

Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhir-akhir ini justru tidak mampu memberi jaminan ketersediaan arus listrik setiap saat.

Contoh opini

Mestinya, PLN membuat perencanaan yang komprehensif dengan memperhitungkan secara cermat seluruh gangguan yang bakal ada.

Isi dan fungsi tajuk rencana diuraikan sebagai berikut.

Isi tajuk rencana adalah permasalahan yang sedang hangat dalam masyarakat yang dikemas dalam bentuk opini redaksi atas permasalahan tersebut. Tajuk rencana berisi hal-hal sebagai berikut.

  1. Topik berita
  2. Tujuan redaksi
  3. Pandangan atau visi
  4. Harapan-harapan redaksi

Fungsi tajuk rencana adalah kritik atas ketimpangan yang terjadi dalam suatu masyarakat dan memberikan wawasan pandangan pada masyarakat atas permasalahan yang sedang hangat. Tajuk rencana dalam surat kabar atau majalah ditulis oleh redaksi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial Lengkap Dengan Contoh. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: