Tips dan Trick Cara Mengerjakan Tes Kraepelin atau Tes Koran dengan Benar

Posted on

Tips dan Trick Cara Mengerjakan Tes Kraepelin atau Tes Koran dengan Benar

Tes kraepelin atau sering disebut sebgai tes koran merupakan salah satu ragam jenis psikotes yang berisi susunan angka-angka dengan bentuk jalur-jalur. Cara mengerjakan soal tes kraepelin hampir sama dengan mengerjakan soal tes pauli. Yaitu dengan menjumlahkan dua angka yang saling berdekatan denga waktu tertentu yang telah ditetapkan oleh pengawas.

Baca juga: Tips Lulus Mengerjakan Tes Pauli (Pauli Test) atau Tes Koran

Kraepelin tes diciptakan oleh seorang psikiater bernama Emilie Kraepelin, yang menciptakan tes tersebut yang pada awalnya untuk mengetahui definisi mental seseorang. Sedangkan Richard Pauli menyempurnakan hasil krepelin untuk mendiagnosa kemampuan bekerja dan hasil penyempurnaannya dikenal sebagi Tes Pauli.

Dalam mengerjakan tes kraepelin anda hanya diminta untuk melakukan hitungan sederhana, yaitu menjumlahkan dertan angka-angka. Namun jumlah seretan angka yang dihitung sanga banyak seperti lembaran koran. Untuk mengerjakan tess ini dibutuhkan konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi dan daya tahan yang prima.

Sebenarnya cara yang digunakan untuk mengerjakna tes kraepelin hampir sama dengan mengerjakan tes pauli. Jika dalam mengerjakan tes pauli peserta melakukan penjumlahan dari atas kebawah dengan instruksi “GARIS” yang berarti sebuah garis dimana anda sedang mengerjakan hitungan lalu kembali berhitung seperti biasa dibawah garis tersebut.Sedangkan Tes Kraepelin peserta melakukan perhitungan dari bawah ke atas dengan instruksi “PINDAH” yang berarti peserta mengerjakan kembali hitungan dnegan berpindah ke kolom sebelah dan memulai menghitung dari bawah kembali dan seterusnya.

Tips mengerjakan tes Krepelin

Usahakan anda teliti dalam menjumlahkan angka dengan benar dan harus stabil pada masing-masing kolom, Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga dan waktu sambil mendengarkan arahan dari pengawas. Karena semakinbanyak kesalahn yang dilakukan, menunjukkan bahwa anda orang yang tidak teliti, tidak cermat dan tidak hati-hati serta kurang memiliki daya tahan yang cukup terhadap stress atau tekanan pekerjaan.

Contoh Mengerjakan Tes Kraepelin

Berikut ini merupakan contoh menegrjakan tes kraepelin dan penjelasannya. Cara mengerjakan tes kraepelin yaitu dengan menjumlahkan dua bilangan angka, yang kemudian jawaban ditulis disela-sela dua bilang yang dijumlahkan. Jika hasil penjumlahan berupa bilangan puluhan (dua digit) maka anda cukup menuliskan digit terakhirnya saja atau angka satuannya saja . Dibawah ini adalah contoh lembar tes kraepelin dan contoh jawabannya.

 tes-kraepelin

Seperti dijelaskan diatas, bahwa dalam mengerjakan tes kraepelin yaitu dengan menjumlahkan angka dari bawah ke atas, Seperti pada gambar diatas (3 + 1 = 4) maka hasil ditulis disela-sela angka. Sedangkan pada angka selanjutnya (1 + 9 = 10) maka angka yang ditulis hanya 0 saja karena termasuk dalam bilangan puluhan.

Penilaian yang diambil dari tes kraepelin bukan karena tinggi angka yang dijumlahkan melainkan hasil grafik yang dihasilkan dalam mengerjakan tes tersebut. Karena hal itulah, usahakan anda mendapatkan grafik yang stabil, tidak naik secara signifikan atau turun secara drastis. Buatlak patokan berapa angka yang anda harus kerjakan, sehingga anda akna mendapatkanhasil yang bagus. Perhatikan gamabar dibawah.

kraepelin-test

Penjelasan penilaian dalam tes kraepelin

  1. Jika anda memperoleh hasil grafik datar, maka menunjukkan bahwa anda didalam bekerja stabil
  2. Jika anda memperoleh hasil grafik naik, maka menunjukkan bahwa anda didalam bekerja akan menunjukkan peningkatan dan dapat berprestasi.
  3. Jika anda memperoleh hasil grafik menurun, maka menunjukkan bahwa anda didalam bekerja akan menunjukkan penurunan seperti mudah lelah, kurang berprestasi, mudah bosan dan mudah jenuh.
  4. Jika anda memperoleh hasil grafik yang seimbang, maka menunjukkan bahwa anda di dalam bekerja akan menunjukan ketidak stabilan.

Demikian artikel yang diberikan tentang Tips dan Trick Cara Mengerjakan Tes Kraepelin atau Tes Koran dengan Benar semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..