hasil penelitian

Teknik Dan Cara Mempresentasikan Hasil Penelitian Lengkap

Posted on

Mempresentasikan Hasil Penelitian

Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat tentang sesuatuyangditeiiti.

hasil penelitian

Penelitian itu dapat berupa kegiatan mengamati, mengumpulkan data, menganalisisdata, dan menyim- pulkan secara apa adanya tanpa ada perlakuan apa pun dalam proses penelitiannya. Wujud penelitian deskriptif yang paling sederhana adalah penelitian survei. Adapun penelitian eksperimental adalah penelitian yang berusaha memberi perlakuan atas objekyang dikaji.

Hasil penelitian dapat disampaikan dalam bentuk lisan maupun tertulis. Hasil penelitian yang berupa tulisan disebut laporan hasil penelitian. Laporan adalah suatu cara komunikasi dari penulis untuk menyampai- kan hal-hal penting kepada seseorang atau suatu badan hukum sehubungan dengan tugas yang di- bebankan kepadanya. Macam-macam laporan, antara lain laporan berkala, laporan laboratoris, laporan berbentuk memorandum, laporan formal, dan laporan semi formal.

Melaporkan hasil penelitian biasanya beriangsung dalam situasi formal. Penelitian juga dilaksanakan dengan sikap objektif, logis, dan analitis. Kegiatan penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penelitian laporan.

Kegiatan perencanaan terdiri atas hal-hal berikut.

  1. Menentukan topik penelitian.
  2. Membatasi topik dan menentukan judul penelitian.
  3. Menentukan masalah dan tujuan penelitian.
  4. Menetapkan metode.
  5. Menetapkan instrumen pengumpui data.

Salah satu format laporan yang dapat digunakan untuk melaporkan hasil penelitian sebagai berikut,

  1. Judul laporan
  2. Bagian pendahuluan
  3. Bagian isi
    • Permasalahan
      • Latar belakang masalah
      • Tujuan penelitian
      • Ruang lingkup penelitian
      • Perumusan masalah
      • Manfaat penelitian
    •  Kajian teori (pembahasan kepustakaan)
    •  Metodologi (uraian metode dan prosedur pengkajian)
    •  Hasil penelitian dan diskusi hasil kajian
    •  Simpulan dan saran
  1. Bagian penunjang
    •  Daftar pustaka
    • Daftar lampiran

Sebagai karya ilmiah, laporan hasil penelitian setidaknya mengandung tiga bagian sebagai berikut.


  1. Bagian pendahuluan, berisi tujuan penelitian, alasan penelitian, maupun manfaat penelitian.
  2. Bagian pembahasan, memuat hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, kajian teori, prosedur penelitian, dan pembahasan hasil penelitian.
  3. Bagian penutup, memuat simpulan pembahasan dan saran-saran.

Ketiga bagian di atas merupakan batang tubuh dari suatu karya tulis ilmiah maupun laporan penelitian. Selain ketiga hal tersebut, masih ada dua bagian lagi sebagai berikut.

  1. Bagian preliminasi atau data pendahuluan, biasanya terdiri atas halaman, judul, daftar isi, kata pengantar, lembar persetujuan, abstrak (sari pati), dan penelitian.
  2. Bagian referensi, biasanya terdiri atas daftar pustaka dan lampiran-lampiran.

Teknik presentasi

Teknik presentasi yang perlu untuk dipahami sebagai berikut.

1. Penyajian makalah secara lisan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

Makalah disajikan dengan baik. Makalah merupakan karya tulis atau dapat dibuat laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah. Anda harus menguasai materi makalah. Penguasaan materi dapat meyakinkan pendengar/peserta. Makalah tersebut menjelaskan gagasan yang tepat. Anda harus mengatur suara sesuai dengan intonasi. Variasikan suara berdasarkan inti pembicaraan. Variasi suara dapat menarik perhatian pendengar.

2. Peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai

Peserta atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan terhadap isi makalah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab langsung oleh penyaji atau menunggu beberapa pertanyaan dari peserta lain.

3. Penyaji memberi jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan

Penyaji memberi jawaban dan tanggapan peserta dengan santun. Jawaban yang di beri- kan sesuai dengan pertanyaan peserta. Jawaban dipaparkan secara terperinci dan jeias.

4. Presentasi dipandu oleh moderator

Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi agartertib dan iancar. Moderator juga menentukan waktu dan mengarahkan alur presentasi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Teknik Dan Cara Mempresentasikan Hasil Penelitian Lengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: