autobiografi

Cara Menemukan Dan Mengungkapkan Hal Menarik Pada Tokoh

Posted on

Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh dapat Anda ketahui melalui buku biografi. Buku biografi adalah buku tentang perjalanan hidup seseorang yang telah mengukir banyak prestasi dalam hidupnya. Seseorang yang perjalanan hidupnya dibukukan tersebut tentunya memiliki kemarnpuan, prestasi, dan jasa-jasa dalam bidang tertentu. Buku biografinya tersebut merupakan bacaan inspiratif yang dapat dijadikan teladan dan merupakan contoh baik bagi masyarakat.

autobiografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biasanya biografi tokoh-tokoh ternama, seperti ilmuwan, politikus, seniman, dan orang-orang yang mempunyai nama atau pengaruh besardituliskan dalam sebuah buku. Dalam buku tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggai dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.

Selain biografi, ada pula autobiografi. Autobiografi adalah riwayat hidup pribadi seorang tokoh yang ditulis sendiri oleh tokoh yang bersangkutan. Dengan membaca buku biografi atau autobiografi tokoh tertentu, Anda akan menemukan sikap atau perilaku tokoh yang dapat Anda jadikan sebagai contoh atau teladan hidup.


Rincian yang biasanya dicantumkan dalam biografi, meliputi waktu dan tempat lahir, masa kanak-kanak, pendidikan, perjuangan, pandangan terhadap kehidupan, kelebihan, temuan, kendala yang dialami, cita-cita, kegemaran. Adapun cara membaca buku biografi sebagai berikut.

  1. Menemukan hal-hal yang menarik
  2. Mencatat hal-hal yang menarik dari tokoh.
  3. Menemukan kelebihan dan kekurangan seorang tokoh.
  4. Menemukan hal-hal yang perlu diteladani dari seorang tokoh.
  5. Menemukan kesamaan dengan tokoh lain yang telah dikenal.
  6. Merefleksikan keunggulan atau hal yang menarik dari seorang tokoh dengan diri sendiri baik pengalaman mengatasi persoalan, usaha yang dilakukan untuk meraih sukses atau prestasi, maupun keyakinan hidupnya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Menemukan Dan Mengungkapkan Hal Menarik Pada Tokoh . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: