Pengertian dan Tips Lengkap Cara Mengerjakan Tes Wartegg Agar Lulus 100%

Posted on

Tips dan Cara Menyelesaikan Soal Psikotest Wartegg untuk fresh Graduated dan Professional

Tes wartegg atau sering disebut dengan tes melengkapi gambar merupakan salah satu Tes Psikotes/psikometri yang sering diujikan dalam seleksi karyawan atau tenaga kerja baru dalam perusahaan. Tes Wartegg adalah sebuah tess psikologi yang pertama kali dibuat oleh Krugger dan Sander dari University of Leipzig, yang selanjutnya dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget. Tujuan dari tess wartegg adalah untuk meneliti seseorang dari segi emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function setiap individu.

Dengan majunya akses internet dalam penyebaran informasi saat ini, sudah banyak para pencari kerja yang ingin mendapatkan panduan dan tips lulus mengerjakan tess wartegg. Kali ini pelajaransekolahonline akan memberikan informasi tips dan rahasia sukses mengerjakan Tes Wartegg dengan tepat.

Dalam Tess wartegg, anda akan menemukan 8 kotak yang berisi dengan coretan-coretan kecil dengan perintah agar anda meneruskan coretan tersebut dengan gambar sesuai dengan imajinasi anda. Selain itu anda juga akan disuruh memberi nomor urut pada gambar mana yang lebih dahulu dikerjakan, serta memilih gambar mana yang tersuli, termudah, paling disukai, dan yang tidak disukai yang disertai dengan alasan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh tess wartegg.

tes-wartegg  wartegg-2

Keterangan gambar pada Tess Wartegg

Dari setiap gambar memiliki nilai yang berbeda-beda, dari gambar yang dibuat akan dapat diketahui karakter seseorang seperti, tekad, kemauan, kelincahan, kemampuan beradaptasi, menyelesaikanmaslah, kebijaksanaan dll. Berikut ini merupakan keterangan yang ada dalam kotak tess wartegg.

  1. Titik ditengah kotak : ini menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri di lingkungan yang berbeda dari biasanya.
  2. Coretan (~) : menunjukkan fleksibilitas perasaan.
  3. 3 garis vertikal, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ ambisi.
  4. Kotak kecil : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan.
  5. Huruf T miring : mengukur bagaimana cara bertindak.
  6. Garis horisontal & vertikal : mengukur cara berpikir / analisa & sintesa.
  7. Titik-titik melengkung : menyangkut kehidupan dan perasaan, apakah stabil atau kekanakan.
  8. Garis melengkung : mengenai kehidupan sosial/ hubungan social.

Tips Mengerjakan Tess Wartegg

Perlu anda ketahui, jangan sepelekan mengerjakan tess wartegg diatas. Untuk dapat lulus menegrjakan tes diatas, berikut ini beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengerjakan tess wartegg tersebut.

  1. Usahakan lembar kertas tetap dijaga kebersihannya
  2. Jika anda laki-laki, jangan mulai mengerjakan tess dari nomor 5, dari segi penilaian jika anda mengerjakan dari nomor lima terlebih dahulu berarti anda memiliki kelainan seksual.
  3. Sebaikanya anda tidak mengerjakan dengan cara urutan, sebaiknya diacak misalnya dari 1,2,3,4,5,6,7,8 menjadi 1,2,3,4,8,7,6,5 hal tersebut menandakan anda adalah pribadi yang kreatif, sedangkan jika anda mengerjakan secara berurutan menandakan anda seorang pribadi yang kaku, dan jika anda mengerjakan secara tak beraturan menandakan anda seorang pribadi yang tidak dapat diatur.
  4. Mulailah menggambar dari coretan yang paling mudah
  5. untuk nomor (1,2,7,8) gambarlah makhluk hidup dan bentuk yang menunjukkan sifat feminin
  6. Untuk nomor (3,4,5,6) gambarlagh benda mati dan bentuk yang menunjukkan sifat maskulin.
  7. Gambarlah dengan jelas agar mudah dimengerti
  8. Usahakan dalam menggambar, anda tidak banyak menghapus gambaran karena hal tersebut menandakan anda peragu dan tidak terencana. Sedangkan jika menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut menandakan anda orang yang keras kepala.
Berikut beberapa hasil gambar dari Tess Wartegg

Demikian artikel yang diberikan tentang Tips Lulus dan Cara Mengerjakan Tes Wartegg semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..