induktif dedukatif

Perbedaan Antara Paragraf Induktif Dan Paragraf Dedukatif Beserta Contoh

Posted on

Paragraf Induktif

Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya khusus menuju pernyataan umum. Paragraf berpola induktif memiliki ciri- ciri, yaitu letak kalimat utama di akhir paragraf; diawali dengan uraian/penjelasan bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum; paragraf diakhiri dengan kesimpulan.

induktif dedukatif

 Perhatikan contoh paragraf berikut ini!

Nah, kalau sekolah menoleransi adanya penyontekan, bukankah itu berarti menghalalkan ketidakjujuran, tidak menghargai proses, tidak menciptakan kompetisi yang sehat, dan tidak menanamkan keuletan? Bila hal ini dibiarkan terus, tidak perlu sakit hati, kalau sekolah lantas dianggap sebagai tempat menyemai bibit kriminalitas.


Paragraf Deduktif

Penalaran deduktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya umum menuju pernyataan khusus. Paragraf berpoia deduktif memiliki ciri-ciri, yaitu letak kalimat utama di awal paragraf; diawali dengan pernyataan umum disusul dengan uraian atau penjelasan khusus; diakhiri dengan penjelasan.

 Perhatikan contoh paragraf berikut ini!

Menyontek, juga menunjukkan kompetisi yang tidak sehat. Mereka yang tekun belajar sering dikalahkan oleh ketidakjujuran dan kelicikan para penyontek. Para penyontek yang tidak beda dengan maling justru mendapat nilai bagus.

Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam menentukan dan membedakan paragraf pola khusus-umum dan umum-khusus sebagai berikut.

  1. Setiap paragraf memiliki gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.
  2. Gagasan utama merupakan pokok pikiran yang menjadi dasar uraian dalam paragraf.
  3. Gagasan penjelas merupakan uraian untuk memperkuat gagasan utama.
  4. Dilihat dari letaknya, gagasan utama terletak di awal paragraf atau di akhir paragraf.
  5. Gagasan utama terletak di awal paragraf disebut deduktif atau umum ke khusus.
  6. Gagasan utama terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Perbedaan Antara Paragraf Induktif Dan Paragraf Dedukatif Beserta Contoh. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: