inovasi

Pengertian Inovasi dan Ciri-Ciri Inovasi Menurut Pendapat Para Ahli

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli Tentang Definisi Inovasi dan Ciri-Cirinya

Inovasi merupakan sebuah ide atau gagasan baru yang beul pernah dilakukan atau diterbitkan sebelumnya, dan orang yang melakukan inovasi disebut dengan inovator. Biasanya inovasi muncul berdasarkan sebuah penelitian yang dilakuan oleh inovator melalui berbagai macam aksi dan penelitian yang terencana.

Pada umumnya inovasi terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi terjadi karena tidak disengaja (discovery). Invention merupakan proses munculnya suatu hal baru yang terdiri dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery merupakan penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat berubah menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

Pengertian Inovasi Menurut Ahli

Berikut ini merupakan pengertian inovasi menurut pendapat para ahli.

1. Kuniyoshi Urabe
Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi adalah sebuah kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

2. Van de Ven, Andrew H.
Menurut Van de Ven, Andrew H., inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

3. Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers, inovasi adalah sebuah gagasan, ide, rencana, praktek atau benda yang diterima dan disadari sebagai sebuah hal yang baru dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi.

4. Stephen Robbins
Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah sebuah gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk dan jasa.Dari pengertiannya tersebut Stephen Robbins mempunyai tiga hal yang di fokuskan yaitu gagasan, produk & jasa dan upaya perbaikan.

5. UU No. 19 Tahun 2002
Sedangakan menurut UU No. 19 Tahun 2002, inovasi merupakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Ciri-Ciri Inovasi

Ciri-ciri dari inovasi adalah sebagai berikut :

1. Khas
Ciri-ciri yang paling utama dari sebiah inovasi adalah khas. Jika inovasi yang dilakukan tidak emmiliki ciri khas dan ide atau gagasan yang dibuat sudah ada maka tidak bisa dikatakan sebgai sebuah inovasi.

2. Baru
Ciri kedua dari sebuah inovasi adalah Baru. Inovasi yang dilakukan haruslah sebuah ide atau gagasan yang baru dan belum pernah ada yang mempublikasikan atau pun di publikasikan sebelumnya.

3. Terencana
Ciri selanjutnya yaitu inovasi yang dibuat sudah terencana. Biasanya inovasi sengaja dibuat dan direncanakna untuk mengembangkan objek-objek tertentu. Jadi inovasi yang dipublikasikan haruslah memiliki perencanaan yang tepat.

4. Memiliki Tujuan
Sebuah penelitian pastinay memiliki sebuah tujuan dan target. Tujuan dan target inilah yang menjadi salah satu ciri-ciri dari sebuah inovasi.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Inovasi dan Ciri-Ciri Inovasi Menurut Pendapat Para Ahli  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.