sambutan

Pengertian Dan Cara Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan Lengkap Dengan Contoh

Posted on

Sambutan merupakan jenis pidato yang disampaikan secara tertulis atau lisan. Keterampilan berpidato dalam memberikan sambutan sangat penting bagi semua orang. Anda harus memiliki kemampuan dan keterampilan memberikan sambutan daiam berbagai acara secara efektif dan efisien.

sambutan

Anda dapat memahami isi sambutan dengan melakukan langkah-langkah berikut.

1. Mendengarkan isi pidato sambutan.

2. Mencatat isi pokok sambutan.

  • Pembukaan, yang meliputi:
    • ucapan puji syukur;
    • ucapan terima kasih;
    • tujuan.
  • Isi pokok, yang meliputi:
    • latar belakang materi atau permasalahan;
    • uraian materi pokok.
  • Penutup, yang meliputi:
    • simpulan;
    • harapan-harapan;
    • permohonan maaf;
    • permohonan doa restu.

Anda dapat mengubah pokok-pokok isi sambutan menjadi informasi yang berbentuk paparan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Menemukan pokok-pokok isi sambutan.
  2. Menghubungkan pokok-pokok isi sambutan tersebut dengan menggunakan kata penghubung.
  3. Menggembangkan pokok-pokok isi sambutan dalam beberapa kalimat.

Perhatikan contoh sambutan berikut ini!

Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati,
Anak-anakku yang kami sayangi,
Para peserta sepeda santai yang kami hormati,


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kita semua karena merupakan hari uiang tahun sekolah kita yang tercinta ini. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat melaksanakan acara ini dengan lancar.
Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasinya mengikuti sepeda santai dalam rangka memperingati hari uiang tahun SMA Harapan Jaya yang kesepuluh ini.
Sebagaimana kita ketahui, olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu untuk mencegah segala penyakit dan menjadikan tubuh kita sehat. Salah satu jenis olahraga yang tergolong ringan, mudah, dan murah, sekarang ini sedang marak dilakukan adalah olahraga bersepeda secara santai. Dengan melakukan aktivitas bersepeda, akan membakar lemak- lemak yang berlebih di tubuh kita sekaligus melemaskan otot dan sendi sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah di tubuh kita, akan menambah kesegaran tubuh dan menjadikan segala aktivitas yang kita lakukan pun bergairah. Tubuh akan tetap bersemangat dan segar sepanjang hari.
Kiranya cukup sekian sambutan dari kami selaku Kepala Sekolah SMA Harapan Jaya sekaligus ketua panitia dalam acara sepeda santai ini. Semoga Bapak dan Ibu Guru, anak- anak, serta para peserta dapat melaksanakan dengan tertib dan lancar.

Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

info :

Menyimpulkan teks merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Untuk dapat membuat kesimpulan isi teks secara tepat dapat dilakukan langkah- langkah secara runtut berikut ini.

  1. Membaca isi teks secara berulang- ulang.
  2. Mencatat gagasan utama dari tiap paragraf.
  3. Membuat reproduksi/ringkasan tersendiri.
  4. Menyimpulkan isi teks.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Cara Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan Lengkap Dengan Contoh. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: