informasi

20 Pengertian Informasi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pendpaat Para Ahli Tentang Definisi Sistem Informasi Terlengkap

Sering sekali kita mendengar istilah tentang informasi, istilah tersebut sering kita dengar dalam lingkup teknologi seperti informasi yang biasa kita dapatkan melalui media sosial dan lainnya. Namun, tidak hanya terbatas disitu saja, informasi memiliki arti yang sangat luas.

Informasi dapat diartikan sebagai sekumpulan data atau fakta yang diolah sehingga mempunyai arti dan makan bagi penerima informasi. Maksud dari data yang diolah adalah dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Sedangkan secara etimologi, informasi berasal dari bahasa Perancis kuno “informacio” yang diambil dari bahasa latin “informationem” yang berarti “Konsep. IDe atau garis besar”. Informasi merupakan kata benda yang berarti aktivitas-aktivitas dalam “pengetahuan yang di komunikasikan”.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakakan pendapatnya tentang definisi Informasi, antara lain:

Anton M. Moeliono
Menurut Anton M. Moeliono, Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan .

Joner Hasugian
Menurut Joner Hasugian, Informasi adalah sebuah konsep universal dalam jumlah muatan besar yang meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.

Jordon B.Davis
Menurut Jordon B.Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata dan dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa depan.

Mc Leod
Menurut Mc Leod, Infomasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.

Kusrini
Menurut Kusrini, informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ni atau mendukung sumber informasi.

Robert G. Murdick
Menurut Robert G. Murdick, informasi terdiri atas data yang telah diolah atau diproses, atau sebaliknya yang digunakn untuk tujuan penjelasan atau penerangan, uraian, atau sebgai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuaatan keputusan.

Abdul Kadir dan Mc Fadden
Menurut merka, informasi adalah data yang diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Azhar Susanto
Dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, menurut Azhar Susanto informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

Burch dan Strater
Menurut Burch dan Strater , informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.

George R. Terry
Menurut George R. Terry, informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.

Jogianto
Menurut jogiyanto dalam bukunya Analisis dan Desain Sistem Informasi, berpendapat bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.

Lani Sidharta
Menurut Lani Sidharta , informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.

Anton M. Meliono
Menurut Anton M. Meliono, informasi adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.

George H. Bodnar
Menurut George H. Bodnar, informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.

Tata Sutabri
Menurut Tata Sutabri,informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Demikian artikel yang diberikan tentang 20 Pengertian Informasi Menurut Pendapat Para Ahli semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.