pedoman pengambilan keputusan

Pedoman Pengambilan Keputusan Dalam Wirausaha

Posted on

Banyak masalah dapat dipecahkan dengan jalan yang berbeda. Jika fakta tidak mencukupi sebagai dasar pemilihan suatu tindakan, keputusan yang diambil wirausaha dalam keadaan yang sangat tidak pasti. Beberapa pedoman untuk mengambil keputusan, antara lain sebagai berikut.

pedoman pengambilan keputusan


  1. Tentukan fakta dari persoalan yang sudah Anda kenal. Jangan mencampuradukkan antara fakta dan opini.
  2. Identifikasikan bidang permasalahan yang tidak berdasarkan fakta. Di bidang yang tidak dikenal inilah Anda harus menggunakan logika, penalaran, dan intuisi untuk mencapai keputusan.
  3. Jauhilah keputusan yang akan mengubah secara drastis susunan organisasi. Keputusan jenis ini harus dipikirkan selama jangka waktu tertentu.
  4. Ambillah risiko yang sedang-sedang saja, jika terdapat ketidakpastian yang besar.
  5. Keputusan-keputusan harus diuji-coba dahulu. Hal ini untuk mengurangi risiko dan memungkinkan Anda menilai hasil-hasilnya sebelum memilih dan mengambil keputusan itu.
  6. Dalam keadaan tertentu, mungkin lebih baik bagi Anda untuk meneruskan apa saja yang telah berhasil di masa lampau. Menggunakan cara-cara yang belum dicoba dan mencoba dengan ide baru dapat menyebabkan kerugian.
  7. Meskipun sebuah keputusan bukan merupakan keputusan yang terbaik, keputusan itu bisa memberikan hasil yang memuaskan. Anda harus mengambil tindakan agresif dalam menerapkan sebuah keputusan. Hasil keputusan dipengaruhi oleh wewenang dan dukungan atas keputusan yang dibuat.

Keberanian dan antusiasme sangat diperlukan dalam menerapkan sebuah keputusan. Seorang wirausaha harus berpikir positif tentang hasil keputusannya. Jangan membuang waktu dengan keraguan. Jika telah menerapkan suatu keputusan, semua keragu-raguan dan ketidakpastian harus dibuang.

Seorang wirausaha harus bersifat tegar dalam segala tindakannya. Organisasi harus mempunyai tujuan yang jelas. Kebanyakan wirausaha tidak takut pada pengambilan keputusan karena mereka tidak menghendaki kegagalan. Mereka menentukan standar-standar keberhasilan sendiri.

Menjadi seorang wirausaha seharusnya merasa aman karena masa depan terletak di tangannya sendiri. Perasaan aman ini memungkinkan wirausaha dapat membuat keputusan tanpa takut pada akibat-akibatnya. Perasaan aman juga memungkinkan para wirausaha memasuki bidang bisnis yang baru. Wirausaha memelopori dan orang lain mengikuti.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pedoman Pengambilan Keputusan Dalam Wirausaha. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: