seni

24 Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli dan Bentuk-Bentuk Seni Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli Mengenai Definisi Seni dan Bentuk-bentuk Seni Terlengkap 

Seni berasal dari kata sanskerta dari kata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Sedangkan secara luas seni dapat diartikan sebagai sebuah karya manusia yang dibuat dengan ide, gagasan dan kemauan dari dirinya sendiri yang memiliki nilai keindahan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seni jug adiartikan sebagai sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain.

Terdapat beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai definisi seni. Dari banyak pendapat yang dikemukakan berbeda-beda, perbedaan tersebut terjadi karena masing-masing individu memiliki pandangan dan pendapatnya sendiri untuk mengartikan seni.

Pengertian Seni Menurut Ahli

Berikut ini merupakan pendapat para ahli tentang seni.

  1. Menurut Sudarmaji
    Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.
  2. Menurut Ki Hajar Dewantara
    Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
  3. Menurut Immanuel Kant
    Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
  4. Menurut  Aristoteles
    Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
  5. Menurut  Leo Tolstoy
    Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
  6. Menurut  Alexander Baum Garton
    Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
  7. Menurut  Drs. Popo Iskandar
    seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
  8. Menurut  Eric Ariyanto
    Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
  9. Menurut  Ira Adriati. M.Sn (Dosen Seni ITB)
    Seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggnaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.
  10. Menurut  James Murko
    seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).
  11. Menurut  Hilary Bel
    Seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.
  12. Menurut  J.J Hogman
    Seni adalah sesuatu yang memiliki unsur ide, aktivitas dan artifak.
  13. Menurut  Alexander Baum Garton
    seni adalah keindahan (beautyness) dan seni adalah tujuan yang positif (a positive goal) menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan (to make the audience feel the happiness).
  14. Menurut  James Murko
    Seni adalah penjelasan rasa indah (Explanation of wonderful sense) yang terkandung dalam jiwa setiap manusia (that is contain in the soul of every human being), dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi (born through the medium of communication tools) ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh (into a form that can be captured by) indra pendengar ( seni suara), penglihatan( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama). (Baca pengertian komunikasi)
  15. Menurut Chatrin Muler
    Seni adalah sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.
  16. Menurut  Dra.Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art
    seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu adalah sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.
  17. Menurut  Ahdian Karta Miharja
    Seni adalah segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.
  18. Menurut  Harry Sulastianto
    seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.
  19. Menurut  Sartono Kartodirdjo
    Seni adalah sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.
  20. Menurut  Irma Damayanti, M.Sn
    seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.
  21. Menurut  Padmapusphita
    Seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “genie”, bahasa Latinnya adalah “genius”, yang berarti kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.
  22. Menurut  Ensiklopedi Indonesia
    seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.
  23. Menurut  Schopenhauer
    Seni adalah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan.
  24. Menurut  Plato dan Rousseau
    Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

Bentuk Bentuk Seni

Berdasarkan seni menurut media terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu

  1. Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau (audio art), misalnya seni musik,seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun
  2. Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) misalnya lukisan, poster,seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.
  3. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang,film

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli dan Bentuk-Bentuk Seni semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Untuk memahami lebih lanjut tentang materi diatas, baca juga artikel terkait dibawah ini…