komitmen-tinggi1

Pengertian Dan Faktor Faktor Komitmen Tinggi Dalam Berwirausaha

Posted on

Dalam waktu terbatas, kadang seseorang harus menghasilkan sesuatu dan dalam waktu yang pendek itu juga orang tersebut dapat menderita kerugian. Kemampuan berpikir dan kemauan bekerja keras hanya akan bermanfaat apabila seseorang dapat memanfaatkan komitmen tinggi dan tepat waktu dalam menghasilkan sesuatu. Komitmen tinggi terhadap usaha merupakan salah satu faktor seorang wirausaha dapat meraih kesuksesan. Bagaimana seorang wirausaha memahami komitmen tinggi serta bagaimana mereka menerapkan konsep komitmen tinggi itu dalam menjalankan usaha, menjadi pokok bahasan utama dalam bab ini.

komitmen-tinggi1

Pengertian Komitmen Tinggi

Seseorang yang memiliki semangat wirausaha, mereka selalu memahami bisnis dengan baik sehingga mampu membuat komitmen tinggi dibandingkan orang lain. Memiliki komitmen tinggi terhadap tugas, berarti setiap saat pikirannya tidak lepas dari perusahaannya. Para wirausaha yang mempunyai komitmen tinggi selalu berusaha mendapatkan hasil semaksimal mungkin dengan sumber daya minimal.

Seorang wirausaha yang mempunyai komitmen tinggi adalah orang yang menaati atau memenuhi janji untuk memajukan bisnisnya sampai berhasil. Mereka yang mempunyai komitmen tinggi selalu mertggunakan sumber daya sccara lebih efisien. Hal tersebut akan mendorong perusahaan ke arah pola tingkah laku kewirausahan.


Wirausaha dengan pola tingkah laku kewirausahaannya memiliki kemampuan untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki orang lain, seperti keahlian, ide, bakat, serta sumberdaya. Bisa jadi Anda merupakan orang hebat. Anda juga cerdas untuk menguasai aspek teknis suatu bisnis dan mempunyai komitmen tinggi untuk memajukan bisnis. Memiliki komitmen tinggi merupakan salah satu ciri adanya kharisma seorang wirausaha. Menunjukkan komitmen tinggi bukan semata- mata menjual ide, melainkan terkait adanya faktor pendukung yang betul-betul memanfaatkan komitmen tinggi, perilaku tepat waktu, perilaku tepat janji, kepedulian terhadap mutu hasil kerja, serta komitmen tinggi terhadap pengendalian diri.

Faktor-Faktor Komitmen Tinggi

Faktor-faktor yang terkait dengan adanya komitmen tinggi yang dapat ditunjukkan oleh seorang wirausaha, antara lain sebagai berikut.

Konsisten, Tegas, dan Fair

Seorang wirausaha yang memutuskan sesuatu di hari ini, kemudian diubah lagi pada keesokan harinya, wirausaha itu dapat dikatakan tidak konsisten. Seorang wirausaha kadangkala juga memperlakukan bawahannya dengan cara tertentu, lalu berubah lagi dengan memperlakukan bawahannya secara berbeda pada keesokan harinya. Orang tersebut termasuk wirausaha yang selalu mengundang masalah.

Hal tersebut berbeda dengan wirausaha yang mempunyai kharisma. Kharisma salah satu ciri seorang wirausaha yang konsisten, tegas, dan fair. Pola perlakuan fair dan tegas untuk semua pihak akan meningkatkan wibawa dan kharisma bagi seorang wirausaha.

Mercusuar

Seorang wirausaha yang kharismatik tidak hanya dapat menerangi dari kejauhan, tetapi mempraktikkan apa yang dibicarakan dan disampaikan. Jika perlu, wirausaha harus mempraktikkannya dengan rajin. Tidak akan ada hasilnya penerangan yang menggebu- gebu, jika wirausaha sendiri selalu muncul terlambat, tidak tegas, dan tidak fair.

Berkonsentrasi kepada Manusia

Seorang wirausaha yang selalu menginginkan tercapainya tujuan saja, berarti dia tidak berkharisma. Akan tetapi, jika seorang wirausaha yang juga berkonsentrasi kepada manusia, ia akan lebih berhasil dari pada yang hanya berkonsentrasi pada tujuan dan hasil. Seorang wirausaha yang mau memerhatikan masalah, keinginan, dan perkembangan bawahan akan berhasil menciptakan kondisi kerja yang lebih menyenangkan dan menggairahkan. Seorang wirausaha yang berkharisma pada umumnya selalu menaruh perhatian kepada manusia. Dengan demikian, siapapun yang mendapat tugas akan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas tersebut secara baik.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Faktor Faktor Komitmen Tinggi Dalam Berwirausaha. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: