A business man writing, Problem Solution diagram on a clear screen.
A business man writing, Problem Solution diagram on a clear screen.

Pengertian Dan Cara Identifikasi Masalah Dalam Bisnis

Posted on

Di dalam mengelola sebuah kegiatan bisnis tidak pernah terlepas dari permasalahan. Berbagai permasalahan akan muncul setiap saat. Permasalahan yang menimpa sebuah bisnis bukan untuk dihindari, tetapi harus dihadapi dan diselesaikan. Wirausaha yang sering menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam usahanya akan menjadi seorang wirausaha yang tangguh.

A business man writing, Problem Solution diagram on a clear screen.

Pengertian Masalah

Setiap orang yang hidup di dunia ini dapat dipastikan mempunyai masalah, baik sebagai individu maupun kelompok. Yang membedakan yaitu besar kecilnya, berat ringannya, atau sulit mudahnya masalah yang dihadapi itu.

Masalah adalah segala sesuatu yang dapat menghambat tercapainya suatu tujuan. Seorang wirausaha yang menginginkan kesuksesan tidak akan bisa menghindari masalah. Masalah-masalah yang muncul harus dipecahkan dengan sebaik-baiknya. Setiap permasalahan harus dikenali terlebih dahulu, diidentifikasi, dicari sebab-sebabnya, dan ditentukan jalan keluamya.

Apabila dirinci terhadap permasalahan yang dihadapi oleh manusia, dapat disebutkan berbagai masalah, yaitu masalah yang risikonya besar, masalah yang risikonya kecil, masalah yang penyelesaiannya bisa ditunda, masalah yang sifatnya pribadi, masalah yang sifatnya umum dan sosial, serta masalah yang sifatnya teknis dan nonteknis. Pendek kata, setiap orang mempunyai masalah dan harus mampu menyelesaikannya.

Untuk dapat membedakan sesuatu sebagai masalah atau bukan, berikut ini dapat diungkap kembali pengertian masalah itu sendiri. Masalah adalah hambatan yang dihadapi seseorang dalam mencapai tujuan. Sekarang mungkin tidak mampu dalam memecahkan suatu masalah pada saat itu juga, tetapi ia dapat menyelesaikannyadi kemudian hari. Masalah adalah kesenjangan atau ketidakserasian antara sesuatu yang diharapkan dengan kenyataan sebenamya.


Dari pengertian masalah tersebut, untuk mengetahui apakah masalah itu ada ataukah tidak dengan menilai kesesuaian antara yang direncanakan dan hasil yang dicapai atau keadaan sebenamya. Apabila hasil yang diharapkan tidak ada atau belum sesuai dengan yang direncanakan, dapat dikatakan ada masalah.

Salah satu tanggung jawab para wirausaha adalah memecahkan masalah dalam bisnis. Para wirausaha hendaknya dapat menganalisis permasalahan dengan mengumpulkan data-data, mengolahnya, dan menarik simpulan. Keterampilan yang diperoleh para wirausaha akan menjadi bekal di dalam pemecahan masalah yang tepat. Keputusan akhir untuk pemecahan masalah yang paling baik bergantung kepada para wirausaha sendiri.

Identifikasi Masalah

Sebagai pengambil keputusan (decision maker), seorang wirausaha hams berhati-hati dalam mendefinisikan masalah. Seorang wirausaha juga hams bisa mengenali masalah dengan cermat dan tajam. Setiap keputusan yang diambil wirausaha akan memengamhi salah satu atau beberapa komponen dalam keseluruhan sistem bisnis.

Untuk mencari pemecahan masalah di dalam dunia bisnis sebenamya tidak terlalu sukar jika seorang wirausaha sudah berpengalaman. Jika persoalan sudah ditentukan dan semua informasi serta data-data masalah sudah terkumpul, masalah yang ada diidentifikasikan untuk diambil pemecahannya.

Apabila sebuah persoalan telah diketahui dan semua informasi dan data yang berhubungan telah dflmmpulkan, seorang wiarusaha hams mengidentifikasi semua cara untuk memecahkan persoalan

tersebut. Mungkin wirausaha ingin memulai dengan sebuah “sumbang-saran” untuk menghasilkan sebuah daftar pemecahan altematif.

Teknik sumbang-saran sering kali menghasilkan sumbangan-sumbangan unik dari para peserta. Mereka melihat persoalan dari pelbagai sudut pandang yang berbeda. Jika Anda sebagai wirausaha, jangan pemah mengkritik atau menolak pemecahan yang diusulkan dalam proses sumbang-saran. Seorang wirausaha wajib mendorong anggota rapat untuk mengajukan cara pemecahan masalah sebanyak mungkin. Jika perlu, berikanlah saran-saran atau petunjuk agar diskusi tetap aktif. Para peserta didorong untuk memberikan komentar dan ide-ide tambahan.

Kriteria berikut ini mungkin berguna jika anda mengevaluasi sebuah pemecahan yang diusulkan sebagai berikut.

  1. Apa pemecahannya logis?
  2. Apakah pemecahan itu dapat diterapkan?
  3. Persoalan-persoalan tambahan apakah yang ditimbulkan oleh cara penyelesaian itu?

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Cara Identifikasi Masalah Dalam Bisnis. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: