tepat waktu

Penerapan Perilaku Tepat Waktu Dalam Berwirausaha

Posted on

Dalam waktu yang relatif pendek, kadangkala seseorang menemukan kemungkinan untuk maju atau memperoleh keberhasilan. Seorang siswa yang ingin menjadi wirausaha harus dapat memanfaatkan dan memandang waktu secara baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

tepat waktu

a. Tepat waktu adalah organisasi.

Tepat waktu merupakan organisasi. Maksudnya, keseluruhan kegiatan diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Berhasil tidaknya perjuangan hidup yang hendak dicapai oleh setiap orang terdapat dalam kesempatan yang relatif pendek. Perilaku tepat waktu merupakan landasan untuk membuat konsep dan gagasan.

b. Tepat waktu adalah kekuasaaan.

Waktu yang dihadapi seseorang pada saat sekarang akan menentukan kejadian- kejadian pada masa yang akan datang. Menguasai waktu untuk sekarang akan menentukan pula waktu selanjutnya. Dengan hasil yang diperoleh seseorang sekarang, akan dapat menguasai waktu-waktu yang akan datang.

c. Tepat waktu adalah nilai uang.

Waktu yang diberikan seseorang untuk dapat menghasilkan sesuatu harus dapat dinilai dengan uang.


d. Tepat waktu adalah ukuran.

Waktu untuk ukuran adalah menentukan berapa lama harus bekerja untuk menghasilkan sesuatu dan berapa lama waktu yang terabaikan yang dapat menimbulkan kerugian.

Berikut ini ada beberapa petunjuk untuk membagi dan menerapkan konsep tepat waktu kepada para siswa di lingkungan sekolah, antara lain sebagai berikut.

  1. Biasakan untuk tepat waktu dalam kehadiran di sekolah. Dalam hal ini akan lebih efektif apabila siswa menyusun jadwal kegiatan belajar.
  2. Biasakan untuk belajar dan bekerja dengan konsentrasi penuh.
  3. Pemborosan waktu akan menghambat kemajuan belajar untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
  4. Renungkan hal-hal yang menjadi tujuan dalam hidup. Selanjutnya, cobalah merumuskan tujuan-tujuan itu secara operasional dengan mempertimbangkan kondisi-kondisi yang dapat memperlancar dan menghambat tercapainya tujuan.
  5. Berlatih disiplin di dalam melaksanakan tugas yang telah dijadwalkan sekolah.
  6. Buatlah perencanaan tepat waktu dalam belajar dan kegiatan-kegiatan lainnya. Manfaatkan waktu-waktu senggang untuk kegiatan-kegiatan yang berguna, baik untuk belajar maupun mengerjakan tugas sekolah.
  7. Manfatkan budaya kehadiran tepat waktu yang lebih produktif.
  8. Jangan suka menunda pekerjaan atau tugas sekolah.
  9. Lakukan penyesuaian diri terhadap tepat waktu belajar dan bekerja.
  10. Belajarlah dan bekerjalah di dalam batas-batas kemampuan fisik dan psikis.
  11. Hindari kesalahan-kesalahan dalam melaksanakan kegiatan belajar dan tugas karena melakukan suatu kesalahan sama saja membuang waktu.

Dengan membagi waktu dan menerapkan budaya tepat waktu, para siswa memperoleh banyak manfaat. Mereka dapat dengan lancar melaksanakan proses belajar, mengerjakan tugas-tugas, dan meraih prestasi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penerapan Perilaku Tepat Waktu Dalam Berwirausaha. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: