rahasia sejati

7 (Tujuh) Kunci Rahasia Menjadi Wirausaha Sejati Terbaru

Posted on

Anda tentu pernah melihat suatu bisnis berjalan lebih baik daripada bisnis yang lain dan seorang enterpreneur lebih berhasil daripada enterpreneur lain. Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan, apa sesungguhnya yang membedakan mereka? Inilah tujuh kunci rahasia untuk menjadi seorang enterpreneur sejati.

rahasia sejati

1. Bersedia Mengambil Risiko Besar

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, tidak ada jaminan bahwa bisnis yang Anda lakukan akan sukses, apalagi berkembang pesat.

Contoh:

Pada awalnya tidak ada bisnis air minum dalam kemasan. Mulanya terasa aneh dan lucu, air putih saja dibawa ke mana-mana dan harus membelinya. Untuk menekuni bisnis ini pun tidak ada jaminan jika bisnis ini bisa sukses. Namun, sekarang bisa dilihat di masyarakat. Dengan berkembangnya zaman, aktivitas manusia makin meningkat, manusia menginginkan hal-hal yang praktis. Sekarang bukan hal yang aneh dan lucu lagi jika orang bepergian dengan membawa air putih. Sekarang ini bisnis air minum dalam ;kemasan merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jadi, untuk menjadi seorang wirausaha sejati, seseorang harus bersedia tampil seperti orang bloon untuk menuju sukses.

2. Pemimpi Besar

Seorang wirausaha sejati harus memiliki rasa optimisme serta keyakinan bahwa usahanya akan mampu berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar. Dengan dasar keyakinan itu, setiap wirausaha tentu memiliki sebuah visi dan mereka akan bekerja keras serta berbuat yang terbaik untuk mewujudkan visi usahanya itu.

Contoh:

Pada tahun 1990-an Jeff Bezos melihat sesuatu yang tidak terlihat orang lain. Ia melihat bahwa internet sedang tumbuh ribuan kali lebih besar setiap tahunnya. Walaupun beberapa tahun sebelumnya sedikit saja orang yang pernah mendengar Net. Para enterpreuner besar mempunyai visi dan mereka bergantung pada visi itu. Visinya adalah Amazon.com, telah mengubah dunia.

3. Hargailah Pelanggan Lebih Tinggi dari Apa Pun

Wirausaha sejati berpandangan bahwa kepuasan konsumen atau pelanggan itu merupakan faktor utama yang menentukan kelangsungan usahanya. Oleh karena itu, wirausaha itu harus bekerja keras dan berbuat yang terbaik untuk kepuasan pelanggannya. Pelanggan atau konsumen yang puas akan melakukan pembelian kembali atau orang lain untuk melakukan pembelian di toko di mana mereka memperoleh pelayanan yang memuaskan. Keuntungan akan diperoleh dengan sendirinya jika seorang wirausaha mampu memberikan kepuasan kepada para konsumen atau pelanggan.


Seperti halnya pandangan dari Richard Branson, pendiri The Virgin Group (Virgin Airlines, Virgin Music, dan Virgin Cola), yang berpandangan bahwa pelanggan adalah raja. Misalnya, Dia percaya bahwa banyak toko musik bangkrut karena pengalaman belanja yang membosankan. Virgin Megastores, sebuah tempat yang tepat untuk itu, dengan ruang yang luas dan Anda dapat mendengarkan musik yang diinginkan sebelum membeli.

Barangkali perlu diketahui bahwa Branson memulai bisnis nyaris tidak berbeda dengan kita semua. Bisnis pertamanya adalah sebuah toko musik di atas sebuah toko sepatu di London dan dia melakukan barter untuk menyewa gedung itu.

4. Peliharalah Anak Buah Anda

Wirausaha sejati perlu memerhatikan orang-orang di sekitamya. Orang-orang yang dimaksud, meliputi karyawan, investor, dan stakeholder!pengguna. Pada tahun 1913, Henry Ford berkata, “upah yang kita bayarkan terlalu kecil dibanding keuntungan kita. Saya pikir hendaknya kita meningkatkan upah rata-rata minimum kita!’ Delapan tahun kemudian Ford memperkenalkan kerja lima hari dalam seminggu, dengan menyatakan, “Setiap manusia membutuhkan lebih dari satu hari untuk beristirahat dan rekreasi.” Dan jika ada entrepreuner yang tahu bagaimana menuju sukses, orang itu adalah Ford.

5. Mampu Bertahan

Sebagaimana telah dikatakan, kewirausahaan merupakan sebuah risiko dan para entrepreuner sering kali gagal. Banyak entrepreuner bangkrut ketika mereka terpukul ujian. Sebagai wirausaha sejati, mereka harus memiliki daya tahan terhadap berbagai ujian yang menerpa usaha. Seorang wirausaha harus memiliki keyakinan seperti ungkapan yang menyatakan bahwa ”kegagalan merupakan keberhasilan atau kesusksesan yang tertunda”.

Contoh:

Pada tahun 1975, penghasilan microsoft adalah 16.000 dolar dan ia hanya mempunyai 3 orang karyawan. Pada tahun 1976, penghasilannya 22 ribu dolar dengan 7 karyawan. Selama dua tahun itu perusahaan menanggung kerugian. Banyak perusahaan harus berhenti setelah berjalan 2 tahun, tetapi banyak perusahaan tidak punya daya tahan seperti Microsoft.

6. Percaya pada Diri Anda Sendiri

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa kepercayaan diri merupakan modal utama kesuksesan seorang wirausaha. Buckminster Fuller, investor kubah geodesik dan banyak alat lain merupakan lelaki yang tidak terkenal dan tidak bahagia ketika dia memutuskan untuk bunuh diri pada tahun 1927. Tetapi sebelum berhasil bunuh diri, dia menyadari masalah yang dideritanya adalah selalu mendengarkan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Akhimya, dia memutuskan untuk mempercayai intuisinya sendiri. Alhasil sebelum dia mati, Fuller telah merevolusi bidang-bidang besar, seperti arsitektur, matematika, perumahan, dan otomotif.

7. Memiliki Gairah atau Semangat

Salah satu kunci keberhasilan seorang wirausaha adalah mau bekerja keras atau memiliki gairah atau semangat kerja yang tinggi dalam menjalankan usaha. Wayne Huzienga menciptakan blockbuster video, di antara banyak bisnis lain. Kata Huzienga, “saya menganggap diri kami tidak unik, kami tidak lebih pintar dari orang lain. Jadi satu-satunya keahlian yang mungkin dapat saya lakukan dibanding orang lain adalah kami bekerja lebih keras dan ketika fokus kami sudah masuk ke dalam suatu pekerjaan, kami larut ke dalamnya. Ini menjadi sebuah gairah atau semangat.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 7 (Tujuh) Kunci Rahasia Menjadi Wirausaha Sejati Terbaru. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: