pendidikan-karakter

Pentingnya Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah yang Berkualitas

Posted on

Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah yang Berkualitas Dengan Memamahi Nilai Nilai didalamnya

Apa jawaban kalian jika suatu saat ada orang yang bertanya apa itu karakter? Sebagian besar pasti menjawab bahwa karakter adalah ciri khas atau kebiasaan suatu perilaku. Lebih tepatnya karakter merupakan kualitas moral dan mental setiap individu dan dalam terbentuknya sebuah karakter dipengaruhi oleh faktor bawaan (keturunan) dan faktor sosial (lingkungan atau pendidikan).

Pengertian Pendidikan Karakter

Menurut Prof.Suyanto, PhD , mengemukakan pendapatnya bahwa karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas setiap indivisu untuk hidup dan bekerjasama. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karakter berkaitan dnegan cara berpikir dan berperilaku.

Sedangkan jika dikaitkan dengan pendidikan, pendidikan karakter merupakan cerminan bagi pelajar yang memiliki karakter sebagai pelajar yang berpendidikan. Berdasarkan UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa pendidikan Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang (1) beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, (2) berakhlak mulia, (3) sehat, (4) berilmu, (5) cakap, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) menjadi warga negara yang demokratis, dan (9) bertanggung jawab.

Menurut Burhanuddin dan Sumiati (2007:115), Pendidikan karakter merupakan upaay terencana untuk membantu orang memahami, peduli dan bertindak atas nilai-nilai etika/moral.

Untuk mewujudkan pendidikan berkarakater dibutuhkan metode khusus yang tepat supaya tujuan pendidikan dapat tercapai. Beberapa metode pembelajaran yang sesuai antara lain, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode pujian dan hukuman.

Pendidikan karakter sataat ini menjadi perhatian dari berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya sebagai kepentingan individu namun juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan.


Menurut Puskur (2011) pendidikan karakter meliputi dua aspek yaitu aspek ke dalam dan aspek keluar. Aspek ke dalam meliputi aspek kognitif (olah pikir), afektif (olah hati), dan psikomotor (olah raga). Sedangkan aspek keluar meliputi interaksi dalam keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Nilai Nilai Pendidikan Berkarakter

Berikut ini merupakan 18 butir nilai-nilai pendidikan berkarakter lengkap dengan penjabarannya yang berguna sebagai batasan atau tolak ukur tercapainya pelaksanaan nilai-nilai karakter disekolah. Nilai-nilai karakter tersebut antara lain:

  1. Religius
    Nilai religius ini terlihat dari sikap dan perilaku yang taat dalam melaksanakan perintah ajaran agama yang dianutnya serta memiliki toleransi dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Jujur
    Jujur merupakan perilaku dalam upaya menjadikan diri sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
  3.  Toleransi
    Sikap toleransi merupakan upaya menghargai adanya perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap ataupun tindakan orang lain.
  4. Disiplin
    Disiplin merupakan tindakan untuk menunjukkan perilaku tertib dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan.
  5. Kerja keras
    Kerja keras merupakan upaya menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai masalah atau hambatan dalam mengerjakan tugas serta mampu menyelesaikan tugas dengan baik.
  6. Kreatif
    Sikap kreatif yang ditunjukkan oleh pelajar yang memiliki pendidikan karakter yaitu mampu berpikir dan melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil atau cara baru dalam mencapai tujuan yang telah direncana.
  7. Demokratis
    Pelajar memiliki cara berfikir, bersikap dan bertindak dengan menilai hak dan kewajiban dalam dirinya dan orang lain.
  8. Mandiri
    Mandiri merupakan sikap atau perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas.
  9. Rasa ingin tahu
    Pelajar memiliki keinginan lebih dalam tentang sesuatu yang dipelajari, dilihat maupun didengar.
  10. Semangat kebangsaan
    Pelajar memiliki cara berpikir, bertindakl dan memiliki wawasan dengan menempatkan kepentingan bangsa dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri atau kelompok.
  11. Cinta Tanah Air
    Pelajar mampu menunjukkan sikap dan tindakan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  12. Menghargai Prestasi
    Palajar mampu bersikap dan memiliki semangat yang memdorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
  13. Bersahabat
    Pelajar memiliki sikap dan tindakan yang memperlihatkan rasa senang ebrgaul, berbicara dan bekerja sama dengan orang lain.
  14. Cinta Damai
    Palajar memiliki sikap, perkataan dan tindakan yang membuat orang lain senang dan aman atas kehadirannya.
  15. Gemar Membaca
    Pelajar memiliki kebiasaan dan dapat meluangkan waktu untuk membaca bacaan yang berguna.
  16. Peduli Lingkunga
    Sikap dan tindakan yang mencerminkan sebagai pelajar yang baik yaitu selalu berupaya mencegah kerusakan lingkung dan mampu menjaga kebersihan lingkungan serta memperbaiki kerusakan alam pada lingkungannya.
  17. Peduli Sosial
    Pelajar memiliki sikap dan tindakan yang ingin selalu memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat yang membutuhkan.
  18. Tanggung Jawab
    Pelajar mampu menumbuhkan sikap dan tindakan yang bisa diopertanggung jawabkan, seperti dalam melaksanakan tugas ataupun kewajiban.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pentingnya Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah yang Berkualitas semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..