sukses

Faktor Keberhasilan, Kegagalan Dan Kelemahan Seorang Wirausaha

Posted on

Keberhasilan ataupun kegagalan sebuah kegiatan usaha sangat bergantung dari parapengelolanya. Biasanya, para wirausaha yang berhasil dalam menjalankan bisnisnya karena mereka memiliki sifat mental unggul dalam berwirausaha. Begitu juga sebaliknya.

sukses

Wirausaha Unggul/Berhasil

Menjadi wirausaha profesional harus memenuhi kriteria ketangguhan dan keunggulan.

1. Ciri Wirausaha Tangguh

Beberapa ciri yang biasanya dimiliki oleh para wirausaha tangguh, antara lain sebagai berikut. .         ,

  • Berpikir dan bertindak strategis, adaptif terhadap perubahan, serta berusaha mencari peluang keuntungan.
  • Selalu berusaha mendapatkan keuntungan melalui berbagai usaha dalam memuaskan konsumen.
  • Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan ataupun kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan’ kemampuan usaha dengan sistem pengendalian intern.
  • Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

2. Wirausaha Unggul

Beberapa ciri yang biasanya dimiliki oleh para wirausaha unggul, antara lain sebagai berikut.


  • Berani mengambil risiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha meng- hindarinya.
  • Selalu berupaya mencapai kepuasan pelanggan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Antisipsif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap perubahan lingkungan.
  • Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi di berbagai bidang.

Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan Berwirausaha

Menurut Zimerer ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha, antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak mampu atau tidak kompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.
  2. Kurang berpengalaman, baik dalam mengoordinasikan keterampilan, mengelola sumber daya, maupun mengintegrasikan kegiatan perusahaan.
  3. Tidak dapat mengendalikan keuangan. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik, faktor utama yang berkaitan dengan keuangan adalah mengendalikan aliran kas. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat kegiatan perusahaan dan mengakibatkan perusahaan tidak berjalan lancar.
  4. Kegagalan perencanaan. Perencanaan merupakan langkah awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka kegiatan usaha akan mengalami kesulitan.
  5. Lokasi yang kurang memadai. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi yang tidak staregis dapat mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.
  6. Kurangny a pengawasan terhadap peralatan. Pengawasan berkaitan erat dengan efisiensi dan efektivitas. Kurangnya pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan peralatan menjadi tidak efisien dan tidak efektif.
  7. Sikap yang kurang bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha. Sikap yang setengah- setengah akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi tidak terarah dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal menjadi besar.
  8. Ketidakmampuan dalam transisi kewirausahan. Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil. Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu.

Keberhasilan ataupun kegagalan wirausaha juga dipengaruhi oleh sifat dan kepribadian se- seorang. Dan Steinhoff dan John F Burgess mengemukakan bahwa kewirausahan yang berhasil pada umumnya memiliki sifat-sifat kepribadian (enterpreunerial personality) seperti berikut:

  1. kepercayaan diri;
  2. kemampuan mengorganisir;
  3. kreativitas;
  4. suka tantangan.

Kelemahan Wirausaha Indonesia

Menurut Heidjrachman Ranu Pandojo, kelemahan-kelamahan wirausaha Indonesia yang perlu diperbaiki, antara lain sebagai berikut.

  1. Sifat mental yang meremehkan mutu.
  2. Sifat mental yang suka menerobos anturan dan kesepakatan.
  3. Sifat tidak percaya pada diri sendiri.
  4. Sifat tidak berdisiplin.
  5. Sifat mental yang suka mengabaikan tanggungjawab.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Faktor Keberhasilan, Kegagalan Dan Kelemahan Seorang Wirausaha. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: