pengertian-psikologi

15 Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pendapat Para Ahli Tentang Pengertian Psikologi dan Kesimpulannya

Menurut asalnya, psikologi berasal dari bahasa yunani kuno “psyche” yang berarti jiwa dan “logia” yang berarti ilmu, jadi secara etimologis psikologis dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari jiwa.

Sedangkan secara umum, psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Berikut ini merupakan pendapat beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian psikologi, antara lain:

1. Menurut Crow & crow
Mengemukakan pendapatnya tentang pengertian psikologi adalah tingkah laku manusia yaitu interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain maupun bukan manusia, hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya.

2. Menurut Sartain
Menurutnya, psikologi adlah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme hidup, terutama tingkah laku manusia.

3. Menurut Wundt
Menurutnya, psikologi bertugas menyelidiki apa yang kita sebut pengalaman dalam sensasi dan perasaan sendiri, pikiran serta kehendak kita yang bertolak belakang dnegan setiap objek pengalaman luar yang melahirkan pokok permasalahan ilmu alam.

4. Menurut Chaplin
Menurut pendapat Chaplin dalam Dictionary of psychology menyebutkan bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

5. Menurut Dakir
Menurutnya, psikologi merupakan ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan.

6. Menurut Muhibbin Syah
Menurutnya, psykologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

7. Menurut Dr. Singgih Dirgagunasa
Menurutnya, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

8. Menurut Plato dan Aristoteles
Menurut mereka, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

9. Menurut Jhon Broadus Watson
Menurutnya, psikologi merupakan ilu yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakn metode observasi yang objektif terhadap rangsangan.

10. Menurut Woodworth dan marquis
Menurut mereka, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dengan hubungannya dengan alam sekitar.

11. Menurut Knight
Menurutnya, psikologi merupakan yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau sosial.

12. Menurut Hilgert
Menurutnya Psikologi yaitu mempelajari tingkah laku manusia dan hewanlainnya.

13. Menurut Bruno
Bruno membagi pengertian psikologi menjadi 3 bagian, yaitu psikologi merupakan studi (penyelidikan) mengenai ruh, psikologi adalah pengetahuan mengenai kehidupan mental, dan psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.

14. Menurut Richard Mayer
Menurutnya, psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

15. Menurut Koffka
Menurutnya, psikologi merupakan perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

Dari pendapat para alhi diatas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku tampak maupun tidak tampak, serta disadari ataupun tidak disadari.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 25 Pengertian Hukum Menurut Pendapat Para Ahli.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.