buku-teks

Pengertian Buku Teks Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Buku Teks

Posted on

Pengertian Buku Teks dan Jenis Jenis Buku Teks Menurut Pendapat Para Ahli

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa buku adalah helai kertas berjilid yang berisikan tulisan untuk dibaca atau kosong untuk ditulis.

Menurut Surahman dalam Fella tahun 2014, Secara umum buku dibagi menjadi empat jenis, yaitu

  • Buku sumber, yaitu buku yang biasa dijadikan rujukan, referensi, dan sumber untuk kajian ilmu tertentu, biasanya berisi suatu kajian ilmu yang lengkap.
  • Buku bacaan, adalah buku yang hanya berfungsi untuk bahan bacaan saja, misalnya cerita, legenda, novel, dan lain sebagainya.
  • Buku pegangan, yaitu buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau pengajar dalam melaksanakan proses pengajaran.
  • Buku buku teks, yaitu buku yang disusun untuk proses pembelajaran, dan berisi bahan-bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan.

Buku teks pelajaran adalah buku teks wajib yang digunakan disekolah yang berisikan materi pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.Oleh karena itulah, buku teks pelajaran merupakan proses untuk melakukan penilaian yang objektif untuk menjamin mutu isi, metode palajaran, bahas dan grafiknya.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional, No 11 tahun 2005 menyatakan bahwa Buku teks pelajaran wajib dipakai oleh guru dan siswa sebagai acuan dalam proses belajar-membelajarkan.

Pembahasan kali ini PelajaranSekolahOnline.Com akan membahas tentang pengertian buku teks, Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi Buku Teks.

Pengertian Buku Teks Menurut Ahli

  • Menurut Echols & Sadily,2006: 584
    Menurutnya, Textbook memiliki padanan kata dengan buku pelajaran.
  • Menurut Crowther, 1995: 1234
    Menurutnya, buku teks dijelaskan sebagai a book giving instruction in a subject used especially in schools (buku yang memberikan petunjuk dalam sebuah pelajaran, khususnya disekolah).
  • Menurut Tarigan dan Tarigan, 1986: 13
    Menurutnya, buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional yang dilengkapi dengan sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya disekolah maupun diperguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.

Kesimpulan dari pengertian diatas yaitu, bahwa buku teks digunakan untuk mata pelajaran tertentu, penggunaan buku teks berdasarkan pada tujuan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum. Selain itu buku teks juga digunakan sebagai sarana atau teknik yang sesuai dengan tujuan yang sudah dibuat sebelumnya. Teknik terseubut bertujuan untuk memudahkan pemakai buku teks dalam memahami materi yang ada dalam buku teks.

  • Menurut Buckingham, 1958 :1523
    Menurutnya, buku teks adalah sarana belajar yang digunakna disekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran.
  • Menurut Hall_Quest, 1915
    Menurutnya, buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksdud dan tujuan tujuan instruksional.
  • Menurut Lange, 1940
    Menurutnya, buku teks adalah buku standar atau buku setiap cabang studi dan dapat terdiri dari dua tipe, yaitu buku tokok dan buku tambahan.
  • Menurut Bacon, 1935
    Menurutnya, buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan dikelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang tersebut dan dilengkapi dengan sarana-saran pengajaran yang sesuai dan serasi.

Kesimpulan dari pengertian diatas, buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh para pakar dalam bidang yang bertujuan untuk memberikan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-saran pengajaran serasi sehingga mudah dipahami pleh pemakainya dan dapat menunjang suatu program pengajaran.

Jenis Jenis Buku Teks

Menurut Tarigan, terdapat empat dasar jenis buku teks yang digunakan dalam pengklasifikasiannya, antara lain :

  1. Berdasrkan mata pelajaran atau bidang studi (seperti di SD, SMP, SMA)
  2. Berdasarkan mata kuliah dalam bidangnya ( seperti di perguruan tinggi)
  3. Berdasarkan penulisan buku teks ( terdapat disetiap jenang pendidikan)
  4. Berdasarkan jumlan penulis buku teks.

Sedangkan menurut Wiratno (dalam Suyatinah, 2001:9), mengungkapkan bahwa jenis-jenis buku teks yang digunakan disekolah untuk pendidikan dasar dan menengah baik untuk murid maupun guru yang digunakan dalam proses pembelajaran, antara lain:

  1. Buku teks Utama, yaitu buku teks yang berisi pelajaran suatu budang tertentu, biasanya digunakan sebagai buku pokok bagi murid atau guru.
  2. Buku teks pelengkap, yaitu buku teks yang digunakan sebagai buku pembantu, atau digunakan sebagai buku tambahan dari buku teks utama yang digunakan oleh murid atau guru.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Buku Teks Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Buku Teks  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..