contoh soal1

Contoh Soal Kimia Dan Pembahasan Terlengkap Tentang Reaksi Kesetimbangan

Posted on

Setelah kita mempelajari tentang materi reaksi kesetimbangan pada postingan artikel sebelumnya, kali ini pembahasan selanjutnya mengenai soal tentang reaksi kesetimbangan.

contoh soal1


1. Golongkan reaksi-reaksi berikut ke dalam reaksi homogen atau heterogen!

a. CaCO3(s) ↔ CaO(s) + CO2(g)
b. CO23(aq) + H2O(ℓ) ↔  HC03– (aq) + OH(aq)
c. CO2(g) + H2(g) ↔ CO(g) + H2O(g)
d. Ca(PO4)2(s) ↔ 3Ca2+(aq) + 2PO34– (aq)

Pembahasan:

soal 4


2. Tuliskan persamaan tetapan kesetimbangan untuk reaksi-reaksi berikut!


a. Fe3+(aq) + SCN(aq) ↔ FeSCN3+(aq)
b. 3Fe(s) + 4H2O(g) ↔ Fe3O4(s) + 4H2(g)
c. CH3COO-(aq) + H2O(ℓ) ↔ CH3COOH(aq) + OH-(aq)

Pembahasan:

soal 5


3.Kesetimbangan tercapai dalam reaksi dapat balik P(g) + Q (g) 4↔ 2R (g). Konsentrasi setiap zat dalam kesetimbangan adalah [P] = 0,47 M, [Q] = 0,55 M, dan [R] = 0,36 M. Tentukan harga tetapan kesetimbangan reaksi tersebut!

Pembahasan:

soal 6


4. Dalam bejana bervolume 2 L dimasukkan 8 mol gas N02 membentuk kesetimbangan berikut. 2NO2(g) ↔ 2NO(g) + O2(g) . Jika pada keadaan setimbang terbentuk gas 02 sebanyak 2 mol, berapakah harga Kc untuk kesetimbangan tersebut?

Pembahasan:

soal 7


5. Satu mol senyawa AB berada dalam 1 L air. Jika pada larutan tersebut mengalami disosiasi sebesar 40% menurut reaksi AB ↔ A + B, tentukan tetapan kesetimbangan reaksi tersebut.

Pembahasan:

soal 8

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Contoh Soal Kimia Dan Pembahasan Terlengkap Tentang Reaksi Kesetimbangan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: