kewirausahaan

Pengertian Wirausaha, Entrepreneur Dan Kewirausahaan Terlengkap

Posted on

Menjadi seorang wirausaha berarti memadukan perwatakan pribadi, keuangan dan berbagai sumber daya lain yang ada di lingkungannya. Menjadi wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan atas peluang-peluang yang ada. Semua wirausaha mempunyai gay a tersendiri dalam memiliki dan mengelola suatu usahanya.

kewirausahaan


Wirausaha

Wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna meraih kesuksesan. Para wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi pada tindakan, bermotivasi tinggi, dan bersedia mengambil risiko dalam mengejar tujuannya.

Dari segi karakteristik perilaku, wirausaha adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Wirausaha adalah mereka yang bisa menciptakan kerja bagi orang lain. Definisi ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal dapat menjadi wirausaha dengan syarat mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar dan berusaha. Berwirausaha melibatkan dua unsur pokok, yaitu peluang dan kemampuan menanggapi peluang.

Entrepreneur

Istilah lain wirausaha adalah entrepreneur. Entrepreneur merupakan sebutan untuk pelaku entrepreneurship. Entrepreneurship adalah perilaku dinamis, berani mengambil risiko. reaktif, dan selalu berkembang. Beberapa ciri entrepreneur, yaitu berorientasi kerja, percaya diri, toleran, serta adanya motivasi untuk berprestasi.

Pandangan umum tentang entrepreneur adalah penemu bisnis yang benar-benar baru dan mampu mengembangkan perusahaan sehingga mencapai sukses secara luas. Microsoft, Wal- Mart, dan Aqua Golden Mississipi contoh dari pandangan di atas. Entrepreneur tidak terbatas pada perusahaan besar, tetapi juga pada perusahaan-perusahaan kecil. Seorang yang berani mengambil risiko membuka toko kelontong atau bisnis lain yang dijalankan juga merupakan entrepreneur.

Kewirausahaan

Berdasarkan definisi wirausaha di atas maka kewirausahan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan inovatif. Kewirausahaan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain dengan berswadana.

Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri dan/atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah sikap dan tindakan wirausaha. Wirausaha adalah orang yang mempunyai sikap kewi­rausahaan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Wirausaha, Entrepreneur Dan Kewirausahaan Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: