penelitian

15 Pengertian Penelitian, Ciri-Ciri, Sikap Peneliti dan Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Penjelasan terlengkap tentang Pengertian Penelitian, Ciri-Ciri, Sikap Peneliti dan Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli

Penelitian dalam bahasa inggris disebut dengan Research, yang terdiri dari dua kata yaitu “re” memiliki arti kembali dan “search” memiliki arti mencari. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitiam merupakan mencari kembali suatu pengetahuan.

Penelitian juga dapat disimpulkan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterprestasiak atau merevisi kata-kata. Sedangkan penelitian yang menggunakan metode ilmiah disebut dengan penelitian ilmiah.

Selain pengerian diatas, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian penelitian, antara lain:

1. Soetrisno Hadi
Soetrisno Hadi menyebutkan pengertian penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

2. Winarno Surachmand
Winarno Surachmand menyebutkan pengertian penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.

3. Donald Ary (1982)
Donald Ary (1982) menyebutkan pendapatnya tentang penelitian merupakan penerapan pendekatan ilmiah pada pengkajian suatu masalah untuk memperoleh informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Woody (1972)
Menurut Woody, pengertian penelitian adalah suatu metode untuk menemukan sebuah pemikiran kritis. Penelitian meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesis atau jawaban sementara, membuat kesimpulan, dan sekurang-kurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati atas semua kesimpulan yang diambil untuk menentukan apakah kesimpulan tersebut cocok dengan hipotesis.

5. John (1949)
John menyebutkan penegrtian penelitian adalah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan dalil atau hukum tertentu.

6. Parson (1946)
Parson menyebutkan pengertian penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inkuiri) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.

7. Suparmoko
Suparmoko menyebutkan pengertian penelitian adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru dan juga sebagai penyaluran hasrat keingin tahuan manusia.

8. Mohamad Ali
Mohamad Ali menyebutkan penelitian adalah cara untuk memahami sesuatu melalui proses penyelidikan atau usaha dengan mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah tersebut, yang dilakukan secara hati-hati sehingga diperoleh pemecahannya.

9. Sukmadinata
Sukmadinata menyebutkan penelitian adalah suatu proses pengumpulan & analisis atau pengolahan data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

10. Hill Way
Hill way menyebutkan penelitian merupakan metode studi yang sifatnya mendalam dan penuh kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang bisa dipercaya atas suatu masalah tertentu guna untuk membuat pemecahan masalah tersebut.

11. Soerjono Soekanto
Soerjono Soekanto menyebutkan penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya.

12. Sanapiah Faisal
Sanapiah Faisal menyebutkan pengertian penelitian adalah suatu aktivitas dalam menelaah suatu problem dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya mengenai dunia alam dan dunia sosial.

13. Cooper dan Emory
Cooper dan Emory menyebutkan pengertian penelitian adalah proses atau kegiatan dalam penyelidikan sistematis yang bertujuan untuk memberikan informasi untuk memecahkan masalah.

14. Hasan
Hasan menyebutkan pengertian penelitian adalah penyaluran rasa ingin tahu manusia terhadap sesuatu atau masalah dengan perlakuan tertentu (seperti memeriksa, mengusut, menelaah, dan mempelajari secara cermat dan sungguh-sungguh) sehingga diperoleh sesuatu (seperti mencapai kebenaran, memperoleh jawaban atas masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan sebagainya).

15. Sukardi
Sukardi menyebutkan pengertian adalah proses yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara.

Ciri-Ciri Penelitian

Dalam melakukan penelitian terdpat ciri-ciri yang harus dipahami, secara umum ciri-ciri penelitian adalah sebagia berikut:

1. Bersifat Ilmiah
Yaitu selalu mengikuti prosedur dan selalu menggunakan bukti yang meyakinkan dlam bentuk fakta yang diperoleh secara objektif.

2. Penelitian
Yaitu proses yang berjalan dilakukan terus menerus dan berkesinambungan, karena hasil dari penelitian dapat selalu disempurnakan.

3. Kontribusi
Penelitian harus memiliki unsur kontribusi atau nilai tambah, sehingga selalu ada hal baru yang ditambahkan dalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan yang ada.

4. Analitis
Penelitian yang dilakukan harus dapat dibuktikan dan diuraikan dengan menggunakan metode ilmiah dan harus ada sebab akibat antara variabel-variabelnya.

Sikap Peneliti

Sikap yang harus dimiliki oleh para peneliti, antara lain:

1. Selalu Objektif
Seorang peneliti harus bisa memisahkan dan membedakan pendapat pribadi dengan kenyataan yang ada.
2. Harus Kompeten
Seornag peneliti harus memiliki kemampuan untuk mengadakan penelitian dengan menggunakn metode dan teknik penelitian tertentu.
3. Faktual
Seorang peneliti harus mengerjakan sebuah penelitian berdasarkan fakta yang diperoleh, buka berdasakan harapan, obsesi atau khayalan yang bersifat abstrak.

Tujuan Penelitian
Dalam sebuah penelitian pasti memiliki tujuan, berikut ini merupakan beberapa tujuan penelitian:

1. Eksloratif (penjajagan) yaitu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.

2. Verifikatif (pengujian) yaitu penelitian yang dilakuan bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, sehingga hasil yang diperoleh menggugurkan atau memperkuat teori dan hasil penelitian yang sebelumnya telah dilakukan.

3. Development (pengembangan) yaitu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan, menggali dan memperluas lebih dalam mengenai suatu masalah atau teori keilmuan untuk menjadi lebih dalam sebagai saran dalam memecahkan berbagai persoalan dalam masyarakat.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 15 Pengertian Penelitian, Ciri-Ciri, Sikap Peneliti dan Tujuan Penelitian .  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.