10

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Lengkap Dengan Rumus Dan Contoh

Posted on

Sedikit berbeda dengan gerak lurus beraturan, pada gerak lurus berubah beraturan, kecepatan gerak benda berubah secara beraturan, baik semakin cepat atau semakin lambat. Namun demikian, percepatan benda adalah tetap. Banyak sekali contoh dari gerak lurus berubah beraturan ini, misalnya gerak benda pada bidang miring, gerak jatuhnya benda (disebut gerak jatuh bebas), dan gerak pesawat terbang ketika akan tinggal landas atau ketika akan mendarat.

10
Soal-soal yang menyangkut gerak melibatkan beberapa besaran yang sudah diketahui dan besaran yang harus kita hitung. Jika gerakan benda masih sederhana, mungkin kita akan dengan mudah melakukan perhitungan- perhitungan, tetapi jika gerakannya sudah kompleks, ada baiknya kalau kita mengetahui hubungan antara satu besaran dengan besaran yang lainnya. Pada bagian ini akan kita jabarkan hubungan antara besaran gerak yang satu dengan besaran yang lainnya.
Perhatikan sebuah benda yang sedang bergerak lurus berubah beraturan dengan percepatan tetap α. Percepatan α dihubungkan ke kecepatan awal dan kecepatan pada saat t melalui persamaan
1

Jika kita sepakati bahwa waktu awal to = 0, maka dari persamaan diatas diperoleh
2
Pada keadaan khusus, dimana vo = 0, berlaku V=αt


Bagaimanakah jarak s yang ditempuh benda yang bergerak dengan kecepatan awal vo percepatan a , selama waktu t? untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita hitung terlebih dahulu kecepatan rata-rata dari gerakan benda.
3
Dengan v adalah kecepatan akhir benda. Dengan demikian, jarak yang ditempuh sama dengan kecepatan rata-rata dikalikan waktu tempuhnya.
Jarak = kecepatan rata-rata X waktu tempuh
4
Berdasarkan persamaan (2,7) V = Vo + at , persamaan diatas menjadi
5
Sekarang mari kita gabungkan persamaan (2,7) dengan persamaan (2,8)

6
Jika kita masukkan nilai t=(v- v_o)/a kedalam persamaan (2,8) akan diperoleh persamaan untuk jarak tempuh sebagai berikut.
7
Jadi terdapat tida persamaan penting yangakan kita gunakan nanti dalam menyelesaikan soal soal gerak lurus berubah beraturan.
8

 perhatikan contoh berikut ini:

9

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Lengkap Dengan Rumus Dan Contoh. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: