pendidikan-moral

Contoh dan Pengertian Pendidikan Moral atau Pendidikan Budi Pekerti bagi Anak

Posted on

Pengertian Pendidikan Moral atau Pendidikan Budi Pekerti bagi Anak dan Contohnya 

Moral adalah istilah yang mengacu pada langkah manusia yang memiliki nilai positif dan untuk istilah abmoral diberikan kepada manusia yang tidak memiliki nilai positif. Dalam penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa moral berarti sebiah etika kesusilaan dan budi pekerti. Oleh karena itulah moral berkaitan dengan nilai terutama nilai efektif.

Pengertian Pendidikan Moral

Dari penjelasan diatas, dapat dikatakan bahwa pendidikan moral dapat pula disamakan dengan istilah pendidikan etik, budi pekerti, pendidikan nilai atau pendidikan afektif. Selain itu disamakan dengan istilah pendidikan watak dan pendidikan akhlak.

Berdasarkan naskah kurikulum Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti oleh Puskur Depdiknas tahun 2001, membagi pengertian pendidikan budi pekerti menjadi 2, yaitu secara konsepsional dan secara operasional.

Secara konsepsional, pendidikan budi pekerti mencakup beberapa hal, antara lain:

  1. Usaha menyiapkan peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya dengan berbudi pekerti luhur dalam segenap peranannya sekarang dan masa depan.
  2. Upaya pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan perilaku peserta didik agar mereka mau dan melaksanakan tugas-tugas hidupnya secara selaras, dan seimbang.
  3. Upaya pendidikan untuk mewujudkan peserta didik menjadi pribadi seutuhnya dengan budi pekerti luhur melalui kegiatan bimbingan, pembiasaan, pengajaran, latihan dan keteladanan.

Sedangkan pendidikan budi pekerti secara operasional merupakan upaya memberikan pendidikan budipekerti dengan memberikan pembekalan terhadap peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan selama pertumbuhan dan perkembangan dirinya sebagai bekal masa depan dengan bermoralbaik, hati nurani yang bersih, serta mampu menjada kesusilaan dalam melaksanakan kewajiban terhadap Tuhan dan sesama makhluk.

Pendidikan budi pekerti memiliki kesamaan tujuan dengan pendidikan moral atau pendidikan akhlak, yaitu membentuk pribadi anak agar menjadi manusia yang baik, masyarakat dan warga negara yang memiliki moral baik. Pada hakikatnya pendidikan budi pekerti dalam pendidikan Indonesia merupakan pendidikan nilai, seperti pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa dalam rangka membina kepribadian generasi muda.

Contoh Pendidikan Moral

Pendidikan moral menjadi salah satu pintu kesuksesan bagi anak dalam dunia pendidikan. Pendidikan moral tidak hanya didapatkan dalam dunia pendidikan sekolah. Berikut ini adalah contoh pendidikan moral dalam tiga lingkunga.

1. Pendidikan Moral di dalam Keluarga

Keluarga merupakan jalur pendidikan pertama dalam pengembangan pendidikan moral bagi anak. Ayah, Ibu dan elmen lain dalam keluarga memiliki kontribusi dalam memberikan pendidikan kelauarga yang baik untuk anak.

Dalam keluarga, Ayah merupakan sosok pemimpin yang memiliki otoritas tinggi untuk dapat menegakkan pendidikan moral kepada anak. Selain ayah, Ibu memiliki hak untuk membimbing anak ke arah nilai positif lainnya. Kemudian anggota keluarga lainnya turut ikut menanamkan moral, etika dan nilai kesopanan secara nyata kepada anggota keluarga. Dalam keluara smeua berkontribusi dalam menanamkan pendidikan moral.

2. Pendidikan Moral di Sekolah

Sekolah merupakan lembaga kolektif pendidikan moral. Hal ini dikarenakan struktur dan muatan kurikulum pendidikan memiliki berbagai macam aspek yang dibutuhkan oleh siswa seperti aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik pada siswa.

Namun pendidikan moral disekolah tidak se-efisien pendidikan moral disekolah, karena kebanyakan sekarang disekolah pendidikan moral hanya diberikan pada muatan lokal saja sehingga tidak terintegerasi kepada pelajaran budi pekerti, ibadah dan mata pelajaran lainnya.

3. Pendidikan Moral di Masyarakat

Masyarakat memiliki peranan penting bagi perkembangan moral anak. Pembinaan tidak akan bisa berpengaruh kalau tidak didukung dnegan lingkungan yang baik. Kita bisa saksikan, banyak anak-anak bermoral baik pasti mereka berada pada lingkungan yang baik begitu sebaliknya. Karena itulah orang tua harus memberikan dan mengenalkan lingkungan masyarakat yang baik kepada anak sebagai pendidikan anak secara langsung merupakan aspek yang sangat penting.

Demikian artikel yang diberikan tentang Contoh dan Pengertian Pendidikan Moral atau Pendidikan Budi Pekerti bagi Anak semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..