karakteristik wirausaha

10 Karakteristik Wirausahawan Beserta Penjelasan Terlengkap

Posted on

Di dunia bisnis, kita dapat menemukan wirausaha yang sukses dan gagal. Pada dasamya, wi­rausaha yang sukses memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut.

karakteristik wirausaha

Motif Berprestasi Tinggi

Para ahli mengemukakan bahwa seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya motif berprestasi. Menurut Gede Anggan Suhada, motif berprestasi ialah suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan pribadi.

Selalu Perspektif

Seorang wirausaha hendaknya mampu menatap masa depan dengan lebih optimis. Melihat ke depan dengan berpikir dan berusaha. Mereka baru usaha memanfaatkan peluang dengan penuh perhitungan. Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki pers­pektif dan pandangan ke masa depan. Karena memiliki pandangan jauh ke masa depan, ia akan selalu berusaha untuk berkarsa dan berkary a. Kuncinya terletak pada kemampuan untuk men- ciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dengan yang sudah ada. Walaupun dengan risiko yang mungkin terjadi, seseorang yang berperspektif haras tetap tabah dalam mencari peluang dan tantangan demi pembaharaan masa depan. Pandangan yang jauh ke depan membuat wirausaha tidak cepat puas dengan karsa dan karya yang sudah ada. Karena itu ia, haras mempersiapkan- nya dengan mencari suatu peluang.

Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Menurut Levit, kreativitas adalah berpikir mengenai sesuatu yang baru {thinking new thing) dan berbeda. Oleh karena itu, menurutnya kewirausahaan adalah berpikir dan bertindak mengenai sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.Menurut Zimerer, ”creativity ideas often arise when enterpreneurs look at something old and think something new or differentIde-ide kreativitas sering muncul ketika wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda. Oleh karena itu, kreativitas adalah menciptakan sesuatu yang baru dan pada awalnya tidak ada {generating something from nothing).

Berperilaku Inovatif

Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan memanfaatkan peluang. Seorang wirausaha dituntut untuk selalu menciptakan hal baru dengan jalan mengombinasikan sumber-sumber yang ada di sekitamya, mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, serta menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Berkomitmen dalam Pekerjaan, Memiliki Etos Kerja, dan Bertanggung Jawab

Seorang wirausaha harus memiliki komitmen dan tekad yang bulat pada usaha yang akan digelutinya. Di dalam menjalankan usaha, seorang wirausaha yang sukses dituntut untuk memiliki tekad dalam mengembangkan usahanya, ia tidak setengah-setengah dalam berusaha, berani menanggung risiko, bekerja keras, dan tidak takut menghadapi peluang-peluang yang ada di pasar. Tanpa usaha yang sungguh-sungguh terhadap pekerjaan yang digelutinya, wirausaha sehebat apapun pasti menemui jalan kegagalan. Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang wirausaha untuk memiliki komitmen terhadap usaha dan pekerjaannya.

Mandiri atau Tidak Ketergantungan

Inti jiwa kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan. Seorang wirausaha harus kreatif mengembangkan ide dan pikirannya terutama di dalam menciptakan peluang usaha. Ia dapat mandiri menjalankan usaha yang digelutinya tanpa harus bergantung pada orang lain.

Berani Menghadapi Risiko

Richard Cantillon, orang pertama yang menggunakan istilah entrepreneur awal abad ke- 18, mengatakan bahwa,wirausaha adalah seseorang yang menanggung risiko. Wirausaha dalam mengambil tindakafi hendaknya tidak didasari oleh spekulasi, melainkan perhitungan yang matang. Ia akan mengambil risiko jika pekerjaannya sudah diperhitungkan. Oleh karena itu, wirausaha selalu berani mengambil risiko yang moderat. Artinya, risiko yang diambil tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Keberanian menghadapi risiko yang didukung oleh komitmen yang kuat, mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil. Hasil-hasil itu harus nyata dan objektif serta merupakan umpan balik (feedback) bagi kelancaran kegiatannya.

Selalu Mencari Peluang

Esensi kewirausahaan terletak pada tanggapan positif terhadap peluang memperoleh keuntungan atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dan masyarakat dengan cara yang etis dan produktif untuk mencapai tujuan serta sikap mental untuk merealisasikan tanggapan yang positif tersebut. Pengertian itu meliputi wirausaha sebagai pengusaha yang mengejar keuntungan secara etis serta wirausaha bukan pengusaha yang bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih baik bagi masyarakat.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang berhasil akan memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Ia selalu ingin tampil beda, lebih dahulu, dan lebih menonjol. Dengan menggunakan kreativitas dan inovasi, ia selalu menampilkan barang dan jasa yang dihasilkan lebih cepat, lebih dahulu, dan segera tersedia di pasar. Ia selalu menampilkan produk-produk baru dan berbeda. Ia menjadi pelopor yang baik dalam proses produksi ataupun pemasaran. Ia selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu nilai tambah. Oleh karena itu. perbedaan bagi seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan merupakan sumber pembaruan untuk menciptakan nilai. Ia selalu ingin bergaul untuk mencari peluang, terbuka untuk menerima kritik dan saran, kemudian dijadikan peluang. Leadership ability adalah kemampuan dalam kepemimpinan. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk menggunakan pengaruh tanpa kekuatan (power). Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan sebagai mediator dan negotiator daripada diktator.

Memiliki Kemampuan Manajerial

Salah satu jiwa kewirausahaan yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah kemampuan untuk mengelola usaha yang sedang digelutinya. Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, memvisualisasikan, mengelola sumber daya, mengontrol usaha, serta mengintegrasikan operasi perusahaannya. Semua itu merupakan kemampuan manajerial yang wajib dimiliki seorang wirausaha. Tanpa semua itu, bukan keberhasilan yang akan diperoleh, melainkan kegagalan usaha.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 10 Karakteristik Wirausahawan Beserta Penjelasan Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: