Cara Mudah Supaya Cepat Bisa Nyetir Mobil Manual

Cara Mudah Supaya Cepat Bisa Nyetir Mobil Manual

Posted on
Bagaimana cara mudah supaya cepat bisa nyetir mobil manual? Hal tersebut mungkin selalu terlintas didalam pikiran anda sebagai seorang pemula yang ingin bisa mengendarai mobil dengan system transmisi manual.
Mengendarai mobil manual sebenarnya tidak begitu sulit apabila dilakukan dari pada dibayangkan. Mengetahui teori mengendarai mobil manual tentu saja sudah menjadi bekal awal yang baik untuk belajar mobil.
Pada prinsipnya mobil manual hanya memiliki perbedaan terbesar pada pedal yang ada di dalam mobil dengan transmisi manual dibandingkan dengan mobil automatis atau metik. Mobil manual memiliki tiga buah pedal yang memiliki fungsi tersendiri, sedangkan mobil metik memiliki dua pedal.
Fungsi pedal pada mobil manual diurutkan dari yang paling kanan adalah pedal untuk menambah kecepatan atau pedal gas. Pedal kedua merupakan system kendali rem yang berfungsi untuk menghentikan mobil atau memperlambat laju kendaraan. Pedal ketiga adalah pedal kopling yang merupakan bagian paling menarik dari mobil manual. Pedal ini berfungsi sinergis dengan handling transmisi yang ada tepat di sebelah kiri anda untuk rata-rata mobil yang ada di Indonesia.
Untuk menggunakan kopling tesebut tentu saja membutuhkan latihan, karena tanpa latihan maka anda akan banyak mengalami masalah dalam mengendalikan mobil saat anda ingin menambah laju kecepatan dan harus memasukkan gigi atau transmisi.
Perpindahan transmisi dari handling gigi harus diimbangi atau dibarengi dengan kerja kopling yang ada di bagian paling kiri dan di injak dengan kaki kiri. Caranya adalah apabila anda ingin memasukkan gigi atau transmisi baik dari keadaan diam atau saat bergerak maka sebelum transmisi dipindah atau dimasukkan maka terlebih dahulu menurunkan gas dan menginjak kopling lalu dengan cepat masukkan gigi atau transmisi dengan menggerakkan tuas atau handling transmisi.
Untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan saat latihan maka coblah memindahkan gigi atau transmisi tersebut dalam keadaan mobil berhenti atau mesin mati. Ilustrasikan gerakan mengemudi saat memindah gigi, mengerem dan mengendalikan gas.
Demikianlah teori untuk membantu anda untuk memukan cara mudah supaya cepat bisa mengendarai mobil manual. Berhati-hatilah dalam berkendara, perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan gunakan perlengkapan keselamatan anda. Jadilah pengendera yang baik dan teladan.