fungsi organ tumbuhan

Memahami Fungsi Organ Tumbuhan Berdasarkan Sumber Ahli Biologi

Posted on
Memahami Fungsi Organ Tumbuhan | Tumbuhan atau tanaman adalah jenis makhluk hidup yang terdapat didunia ini dengan berbagai macam jenis, fungsi dan bentuk. Dari setiap jenis jenis dan bentuknya tumbuhan memiliki fungsinya masing-masing. Banyak yang paling sering kita jumpai di sekeliling kita adalah jenis tanaman yang berfungsi sebagai hiasan, bumbu makanan atau bumbu dapur, obat dan lainnya.
Dalam dunia pendidikan ternyata sebenarnya tumbuhan hanya memiliki empat bagian utamanya yaitu akar, batang, daun dan bunga atau buah atau biji. Cukup sederhana bila di lihat hanya dengan sepintas memandang saja makhluk hidup jenis ini. Namun ternyata banyak sekali ilmu pengetahuan alam yang akan didapatkan jika kita mempelajari lebih detail tentang bagian-bagian tumbuhan tersebut, sehingga akan lebih memahami lagi dan mengerti seperti apa sebenarnya tumbuhan yang ada di sekeliling kita dapat hidup.
Untuk memahami tentang fungsi organ tumbuhan disetiap bagiannya makan akan dijelaskan seperti dibawah ini satu persatu mulai dari yang paling bawah.
Akar
Akar merupakan bagian terbawah dari tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai penyerap nutrisi atau makanan tumbuhan dari dalam tanah serta berfungsi juga sebagai pengangkut air dan zat hara menuju seluruh bagian tumbuhan di atasnya.
Selain menyerap makanan dan mengakut air atau zat hara dari dalam tanah, akar juga memiliki fungsi pokok untuk mengokohkan atau menunjang berdirinya suatu tanaman atau pohon.
Pada beberapa tumbuhan ternyata ada juga akar yang memiliki fungsi sebagai alat pernapasan seperti pada tanaman bakau yang banyak dijumpai di tepi pantai atau sungai.
Sedangkan pada beberapa jenis tanaman lain yang berjenis umbi-umbian akar dari tanaman tersebut memiliki fungsi sebagai bagian yang menyimpan makanan cadangan. Tumbuhan jenis ini antara lain adalah singkong, wortel, dan lain-lain.
Batang
Batang merupakan salah satu bagian yang berfungsi sebagai pilar yang menopang bagian lain dari tanaman yaitu antara lain seperti bunga, buah dan daun. Selain itu batang juga berfungsi sebagai penerus makanan yang sudah diserap oleh akar melalui dua pembuluh yang ada di dalam batang yaitu xilem dan floem.
Fungsi dari kedua jenis pembuluh tersebut masing-masing yaitu xilem sebagai pengangkut air dan zat hara dari akar menuju daun serta floem berfungsi mengangkut makanan yang di buat daun dari proses fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Hal ini juga menyimpulkan bahwa batang juga berfungsi sebagai pengangkut atau pendistribusi makanan tumbuhan.
Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan dimana fungsinya sangat penting dalam proses pengolahan atau pembuatan makanan (fotosintesis) yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan dan juga dalam fungsi sistem pernapasan tumbuhan.
Proses pernapasan tumbuhan pada umumnya banyak terjadi pada daun dibandingkan pada akar seperti pada tanaman bakau. Hal ini karena pada daun terdapat stomata yang juga sebagai pori-pori daun berfungsi sebagai keluar masuknya oksigen dan transpirasi (proses kehilangan air dalam bentuk uap air).
Selain itu juga terdapat bagian lubang pengeluaran pada daun (hidatoda) yang berada pada tepi daun berfungsi sebagai pengeluar air dalam bentuk titik air atau juga di sebut dengan proses gutasi.
Bunga
Bunga merupakan sebuah hiasan yang membuat tumbuhan menjadi lebih indah dan menarik meskipun beberapa bunga memiliki aroma yang tidak sedap namun memiliki fungsi sebagai penangkal hama atau predator tumbuhan.
Fungsi utama dari bunga pada tumbuhan adalah sebagai alat perkembang biakan tumbuhan yang terjadi secara generatif (kawin). Tumbuhan memiliki dua bagian vital perkawinan yaitu putik yang berfungsi sebagai alat kelamin bertina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan.
 
Buah dan biji
Bagian ini tentu saja suatu kesatuan yang tidak terpisahkan karena disetiab buah pasti ada biji. Fungsi buah pada tumbuhan adalah menjadi daging yang melindungi biji dari gangguan luar yang merugikan.
Biji merupakan bakal tumbuhan baru yang juga berfungsi sebagai bagian utama perkembang biakan. Di dalam biji terdapat makanan cadangan yang disebut sebagai endosperma.
Demikia beberapa uraian tentang fungsi organ tumbuhan, sekiranya dapat menjadi literatur dalam memahami atau menggali informasi tentang organ-organ pada tumbuhan.