cara menyampaikan isi berita

Cara Mudah Latihan Menyampaikan Isi Berita Seperti Penyiar Profesional

Posted on
Cara Mudah Latihan Menyampaikan Isi Berita – Berita merupakan sebuah cara untuk menyampaikan segala macam informasi dengan cara diucapkan atau disampaikan dengan media cetak seperti surat kabar atau koran. Sedangkan dengan media lisan biasanya berita di sampaikan melalui siaran televisi ataupun melalui streaming video seperti yang sudah banyak dilakukan saat ini melelui saluran youtube broadcasting.
Menyampaikan berita merupakan salah satu aspek pelajaran bahsa indonesia yang memang menjadi salah satu urutan penting yang harus diketahui siswa ataupun pelajar lain karena penyampaian berita haruslah menggunakan cara atau aturan berbahasa yang baik. Pada kali ini adalah bahasa yang digunakan bahasa nasionalis Indonesia.
Menyampaikan isi berita menjadi sangat penting untuk dipelajari bagi mereka yang memiliki jiwa jurnalis karena memang berita adalah salah satu kegiatan seorang jurnalis ataupun penyampai berita yaitu seorang penyiar.
Dalam menyampaikan berita tentu saja banyak sekali pelajaran yang harus diketahui sehingga apa yang di sampaikan oleh pembawa berita atau penyiar dapat diterima dengan baik oleh pendengar ataupun penonton. Komunikasi semacam itu haruslah dilatih dengan berbahasa yang baik dan juga dengan artikulasi atau pengucapan yang jelas sehingga mudah saat didengarkan.
Selain hal di atas tentu saja dalam penyampaian berita juga harus menggunakan susunan kalimat dalam berbahasa indonesia yang baik. Untuk melatih hal demikian tentu saja dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu beberapa cara yang akan disampaikan dalam tulisan ini sebaiknya di pelajari lebih dalam sehingga dapat di kembangkan dengan gaya masing-masing penyampai berita.
Untuk bisa dan mahir dalam menyampaikan berita maka seseorang harus berlatih dengan mendengarkan berita-berita di televisi. Perhatikan cara para pembawa acara di televisi saat membawakan sebuah berita, serta pahami juga narasi yang disampaikan oleh pembawa acara. Karena biasanya mereka sangat memperhatikan sekali unsur 5W + 1H yaitu :
  1. What (apa)
  2. Who (siapa)
  3. Where (dimana)
  4. When (kapan)
  5. Why (mengapa)
  6. How (bagaimana)
Unsur diatas juga harus anda pahami dalam berlatih membawakan berita. Setelah anda mendengarkan berita yang sudah anda lihat sebelumnya, anda juga harus menyiapkan catatan.
Buku catatan yang anda bawa bisa digunakan sebagai bahan untuk menulis atau mengikuti isi pokok yang harus anda tulis dalam catatan anda sehingga anda akan lebih memahami unsur-usur diatas tadi.
Pelajarilah suatu peristiwa yang disampaikan oleh pembawa acara tersebut dan kemudian masukkan dalam buku catatan anda dengan menggunakan lima unsur tadi. Apakah permasalahan yang menjadi pokok berita tersebut, siapa yang mungkin menjadi korban ataulainnya, dimana tempat terjadinya peristiwa, kapan peristiwa itu terjadi atau dilakukan, mengapa peristiwa itu dapat terjadi dan yang terakhir adalah bagaimana atau dampak apakah yang ditimbulkan dari permaslahan tersebut.
Setelah semua hal tersbut sudah anda pahami maka anda harus berlatih menyampaikan berita tersebut baik mengikuti seperti penyiar yang sudah anda lihat atau anda juka akan lebih baik dengan menggunakan gaya dan bahasa yang lebih baik lagi menurut anda. Demikianlah cara untuk menyampaikan isi berita dengan mudah yang bisa anda lakukan.