Pengertian Dan Fungsi Kulit Tubuh Manusia

Posted on
Kulit adalah merupakan salah lapisan paling luar yang membungkus seluruh permukaan tubuh manusia. Dan sebagian besar kulit pada manusia ditumbuhi bulu. Kulit juga memiliki fungsi dan fungsinya adalah sebagai berikut.
Proteksi
Kulit berfungsi sebagai pelundung organ tubuh manusia dari kontak mekanis yang bisa mengakibatkan cidera. Dan selain itu kulit juga dapat melindungi tubuh dari kontak langsung dari sinar matahari. Sel-sel melanosit yang terdapat pada kulit mempunyai fungsi yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari bahaya paparan sinar UV atau sinar matahari. Lalu sementara itu, produksi keringat dan minyak pada kulit akan membuat lapisan kulit menjadi bersifat asam. Dan kondisi tersebut dapat berfungsi melindungi tubuh dari infeksi jamur dan bakteri.
Regulator Suhu
Kulit melakukan fungsi ini dengan cara memproduksi keringat dan mengkonsentrasikan pembuluh darah dalam kulit.
Penutupan Warna Kulit
Warna kulit salah satunya dapat ditentukan oleh kandungan melanosit pada kulit
Pembentukan Vitamin D
Pembentukan vitaminĀ  D dibentuk dari provitamin D yang terdapat dibawah kulit dengan menggunakan bantuan sinar matahari.
Ekskresi

 

Sebagai alat ekskresi kulit berfungsi untuk mengeluarkan keringat. Dan kelenjar keringat menyerap air dan garam dari darah di pembuluh kapiler. Sedangkan keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit yang akan menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh akan menjadi tetap stabil. Sedangkan pada keadaan normal, tubuh akan mengeluarkan keringat hingga sebanyak 50 ml pada setiap jamnya. Beberapa factor yang dapat memacu pengeluaran keringat antara lain adalah aktivitas tubuh yang meningkat dan suhu lingkungan yang tingi. Dan pengeluaran keringat yang berlebihan karena adanya pengaruh dari terik sinar matahari atau aktivitas tubuh yang tinggi dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan garam. Apabila kadar garam dalam darah berkurang atau menurun dapat mengakibatkan kekejangan bahkan bisa mengakibatkan pingsan.