Gangguan Pada Hati Manusia

Macam-Macam Penyakit Dan Gangguan Pada Hati Manusia

Posted on
Hati adalah merupakan organ bagian dalam manusia yang berukuran paling besar. Organ ini memiliki berat sekitar 1,5 kg atau sekutar 3-5% dari berat badan. Dan letak hati berada tepat pada bagian atas sebelah kanan abdomen dan di bawah tulang rusuk. Hati juga mempunya keunikan tersendiri dan diantaranya adalah dapat memperbarui atau menumbuhkan kembali sel-sel yang sudah rusak akibat terluka atau penyakit. Namun apabila hati mengalami kerusakan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama,maka kondisi tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada hati sehingga sel-sel tidak dapat diperbarui lagi. Berikut ini adalah macam-macam penyakit dan gangguan pad hati.
Hepatitis atau radang hati
Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan menggunakan obat-obatan yang berdosis tinggi. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus hepatitis. Radang hati ini dapat menyebabkan terjadinya komplekasi pada organ tubuh yang lain.
Penyakit kekuningan (jaundice)
Penyakit kekuningan ini dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Dan jenis penyakit ini biasanya disebut dengan jaundice karena gejala awalnya ditandai oleh dengan adanya warna kulit dan mata berubah menjadi kuning. Dan penyakit ini adalah merupakan gejala yang menunjukan adanya gangguan pada hati, penymbatan saluran empedu, atau adanya gangguan pada system metabolisme bilirubin.
Gejala penyakit ini diantaranya adalah mata dan kulit berwarna kuning, terjadi demam, cepat lelah, pusing, dan kadang disertai dengan pingsan. Kulit dan mata menjadi kuning karena bilirubin dalam tubuh menjadi meningkat.
Sirosis hati (pengerasan organ hati)
Penyakit ini biasanya ditandai oleh kerusakan oada sel hati yang disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan atau minuman keras yang mengandung alcohol. Dan selain itu, penyakit jenis ini juga dapat diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri, ada sel tumor atau kanker, serta adanay penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan. Dan gejala-gejalanya adalah sebagai berikut.
  • Perut kembung dan banyak angin, nyeri pada daerah ulu hati.
  • Perut mengeras dan membesar.
  • Demam, meriang, dan tubuh sulit digerakkan.