Macam-Macam Penyakit Pada Ginjal

Macam-Macam Gangguan Dan Penyakit Ginjal Manusia

Posted on
Gangguna dan penyakit pada ginjal yang akan kami jelaskan pada kesempatan ini ada 7 macam gangguan. Fungsi ginjal dapat terganggu karena adanya infeksi bakteri, radang, batu ginjal, dan lain sebagainya. Apabila salah satu ginjal sudah tidak berfungsi atau mengalami ganguan, maka dapat dipastikan ginjal yang satunya akan mengambil alih tugas ginjal yang pertama. Namun apabila kedua ginjal rusak, maka itu akan berakibat sangat fatal karena urea akan tertimbun dalam tubuh dan akan menyebabkan kematian. Dan berikut ini adalah beberapa kelainan dan penyakit pada ginjal.

Batu Ginjal

Bau ginjal adalah merupakan massa padat seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih. Namun, batu ini juga dapat terbentuk di dalam ginjal. Dan proses pembentukan batu ini biasanya di sebut dengan sebuatan urolitiasis.batu ginjal juga dapat terbentuk apabila urine mengalami jenuh garam-garaman. dan Batu ginjal sekitar 80% terdiri dari kalsium dan sisanya berupa asam urat, sistein, dan mineral struvit.
Diabetes Melitus (DM)
Diabetes melitus pada umumnya dikenal dengan sebutan nama kencing manis. Kencing manis adalah merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah). Peningkatan kadar gula darah ini terutama terjadi setelah makan. Dan penyakit ini biasanya disebabkan oleh produksi insulin (DM tipe satu) atau kurangnya daya sensitivitas jaringan dalam tubuh terhadap insulin (DM tipe dua).
Gagal Ginjal Kronis
Gagal ginjal kronis antara lain adalah keadaan ginjal yang mengalami kerusakan permanen sehingga ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya. Dan gagal ginjal biasanya ditandai dengan edema (pembengkakan) pada bagian seluruh tubuh, hipertensi, dan kadar kreatinin lebih dari 25 mg/kg berat badan.
Nefritis
Nefritis adalah peradangan pada nefron Karena nefron sudah terinfeksi bakteri jenis Streptococcus. Dan nefritis bisa mengakibatkan seseorang mengalami uremia dan oedemia. Dan Uromia adalah terbawanya urine kedalam aliran darah karena adanya kebocoran pada salah satu saluran dalam nefron. Oedemia adalah penimbunan air di kaki karena reabsorpsi air terganggu.
Albuminuria
Penyakit Albuminuria adalah terdapatnya albumin atau protein lain di dalam urine. Dan gangguan jenis in biasanya disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada filtrasi pada ginjal (glomerulus).
Anuria
Anuria ditandai dengan tidak terjadinya pembentukan urine.
Poliuria

 

Poliuria ditandai dengan produksi urin yang melebihi batas normal.