pengetia inividu populasi dan ekosistem

Pengertian Komunitas Dan Individu Populasi Pada Ekosistem

Posted on
Pada pertemuan kali ini kami akan membahas seputar pengertian populasi, individu dan komunitas pada ekosistem. Ekosistem sendiri adalah merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik yang tidak akan terpisahkan dari makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Antara komunitas dan lingkungannya memang saling berinteraksi yang dapat menimbulkan suatu ekologi yang sering disebut dengan Ekosistem. Sedangkan komponen susunan adalah Produsen atau tumbuhan hijau, konsumen atau herbivora dan karnivora serta omnivora, dan dekomposer atau penguraian (mikroorganisme).
  • Pengertian Individu

 

individu adalah organisme tunggal, yakni seperti seekor tikus, sebatang pohon atau seorang manusia.
 
  • Pengertian Populasi

 

Populasi adalah merupakan sekelompok atau sekumpulan individu yang sejenis dan hidup pada suatu tempat aau suatu daerah dengan waktu tertentu, misalnya seperti suatu populasi ikan yang diman mereka tinggal di dalam suatu kolam yang terdapat ikan yang sejenis.
 
Untuk ukuran akan berubah sewaktu-waktu. Dan perubahan tersebut dinamakan dengan dinamika populasi. Dan perubahan ini dapat dihitung dengan melalui rumus”perubahan jumlah dibagi dengan waktu dan akan menghasilkan kecepatan perubahan dalam populasi”. Misalnya pada tahun 1980 populasi pohon pinus di rawa mangun terdapat sekitar 700 pohon. Dan selanjutnya pada tahun 1990 dihitung kembali jumlah pohon tersebut hanya tinggal 500 batang pohon saja. Berari faktanya dalam kurun waktu 10 tahun sudah terjadi pengurangan batang pohon sebanyak 200 batang pohon. Dan untuk mengetahui kecepatan perubahan dari 10 tahun tersebut dengan membagi jumlah pohon yang berkurang dengan lamanya waktu perubahan yang terjadi.
 
  • Pengertian Komunitas

 

Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi yang hidup pada suatu tempat atau daerah tertentu yang saling berhubungan atau berinteraksi satu dengan yang lain. Komunitas lebih kompleks jika dibandingkan dengan individu dan populasi. Semua organisasi merupakan bagian dari komunitas dan komponennya saling terhubung satu sama lain. Misalnya populasi pada ganggang, ikan dan hewan disekitarnya yang membentuk suatu komunitas terumbu karang.
 

 

Nah itulah seputar pengetahuan pengertian Individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem. Mungkin hanya itu saja yang bisa kami berikan kepada anda semua mengenai seputar pengetahuan individu, populasi, dan komunitas yang bisa kami berikan kepada anda semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan juga menambah pengetahuan kita.