fungsi ginjal manusia

Pengertian Ginjal Manusia Serta Penjelasan Lengkap Bagian-Bagiannya Menurut Para Ahli

Posted on
Ginjal manusia biasanya berwarna merah gelap berbentuk sangat mirip dengan kacang merah. Dan panjangnya biasanya mencapai 10-13 cm dan lebarnya mencapai 5-7,5 cm.
 
Letak ginjal
Ginjal terletak pada bagian sebelah kiri dan kana ruas tulang pinggang di dalam rongga perut. Dan ginjal berada tepat dibawah diafragma dan di belakang peritoneum, yakni tepatnya dibawah hati pada bagian sisi kanan dan dibawah limpa pada bagian sisi kiri. Sedangkan untuk letak ginjal yang sebelah kiri lebih tinggi jika dibandingkan dengan ginjal kanan karena diatas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.
 
 
Fungus ginjal
  1. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
  2. Menjaga tekanan osmsis dengan cara mengatur ekskresi garam-garam, yakni membuang garam yang berlebihan dan menahan garam jika jumlahnya berkurang.
  3. Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh (natrium, fosfor dan kalium) dan mengembalikannya kesaluran peredaran darah.
  4. Membuang sia-sisa metabolism, missal urea, asam urea, kreatinin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
  5. Menjaga asam basah cairan darah dengan mengatur pH plasma darah dan cairan tubuh dengan mengekskresikan urin yang bersifat basa atau mengekskresikan urin yang memiliki sifat asam.
  6. Menghasilkan zat-zat berikut :

 

  • Eritopoietin (EPO) yang merangsang sum-sum tulang membuat sel-sel  darah merah (eritosit)
  • Kalsitriol merupakan salah satu bentuk aktif vitamin d yang membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh.

 

Struktur Ginjal
Ginjal tersusun dalam tiga bagian, yakni adalah korteks, modula dan pelvis. Korteks atau kulit ginjal merupakan bagaan luar ginjal. Lalu sementara itu, bagian sebelah dalamnya disebut dengan modula atau sum-sum ginjal. Sedangkan pelvis merupakan bagian dalam ginjal yang berupa ruang kosong ehingga disebut dengan rongga ginjal. Sedangakn pada bagian korteks terdapat nefron. Dan nefron adalah merupakan unit fungsional dan structural terkecil pada ginjal. Dan pada satu unit ginjal manusia terdapat sekitar satu juta nefron.
 
Pembentukan Urin
Proses pembentukan urin bisanya terjadi di dalam ginjal. Pembentukan urin ini terjdi melalui serangkaian proses filtrasi yakni penyaringan zat-zat sisa yang beracun, dan reabsorsi adalah penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh, dan augmentasi adalah penambahan zat-zat sisa yang tidak di perlukan oleh tubuh.
 
Mikturasi

 

Mikturasi adalah proses pengeluaran urin dalam tubuh. Apabila di dalam kandung kemih tersimpan urin sekitar 200-300 ml, dan akan timbul refleksi rasa ingin buang air kecil. Sedangkan proses mikturasi ini dimulai dari ginjal – ureter – kandung kemih – uretra. Dan zat-zat yang terkandung dalam urin diantaranya adalah air, garam, urea, dan substansi lain seperti pigmen empedu.