cara mudah merawat kulit berwarna gelap dengan cepat

6 Cara Membersihkan Dan Merawat Kulit Berwarna Gelap

Posted on
Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa kulit yang berwarna gelap seperti coklat dan hitam rentan terhadap jerawat. Hal ini berkebalikan dengan warna kulit yang cenderung putih. Tidak hanya itu, kulit yang berwarna gelap juga biasanya akrab dengan bintik-bintik coklat pada kulit wajah.
Oleh karena itu, kulit yang berwarna gelap harus dirawat dengan lebih intensif dan hati-hati. Perawatan setiap hari yang baik dan benar akan sangat membantu anda mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.


Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kulit yang berwarna gelap :

Mencuci Wajah
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mencuci wajah di pagi hari. Mencuci wajah atau membersihkan wajah dengan bahan yang mengandung asam salisilat atau cosmopolitan akan membantu anda membersihkan dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang terdapat pada pori-pori.
Selain itu, asam salisilat juga dapat membantu anda menyembuhkan jerawat serta menyingkirkan kotoran dan residu.
Cara mencuci wajah yang baik dan benar adalah dengan cara membasahi wajah, lalu oleskan pembersih untuk wajah. Usapkan pada kulit dengan gerakan memutar atau melingkar, kemudian bilas hingga bersih.

Cream
Langkah kedua adalah dengan menggunakan krim yang mengandung asam salisilat. Jika anda memiliki masalah dengan jerawat, anda dapat mengoleskan krim yang mengandung asam salisilat di seluruh area wajah anda. Kemudian tambahkan lagi cream pada bagian-bagian di mana jerawat itu muncul.

Akan tetapi jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, ada baiknya anda lewati langkah ini dan langsung menuju ke langkah nomor 3.

Biarkan Cream Meresap
Diamkan beberapa saat agar cream meresap ke dalam kulit. Sebelum anda menggunakan pelembab, ada baiknya anda menggunakan pelembab dan mendiamkannya terlebih dahulu beberapa saat. Atau mungkin beberapa menit, hingga krim tersebut meresap dengan baik ke dalam kulit.

Hal ini akan menghindarkan kulit dari pengelupasan dan iritasi. Setelah itu terapkan pelembab untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang dapat memunculkan jerawat.

Memilih pelembab yang baik adalah pelembab yang tidak mengandung minyak, karena hal tersebut dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat, anda dapat menerapkan pelembab sepanjang hari jika anda membutuhkannya.

Bersihkan Wajah Setelah Beraktivitas
Carilah produk-produk yang aman untuk digunakan oleh kulit yang berwarna gelap. Kemudian gunakan untuk membersihkan dan mencuci wajah pada sore atau malam hari atau setelah beraktivitas. Kemudian keringkan dan kemudian gunakan serum yang dapat memudarkan bintik bintik hitam.

Gunakan Exfoliation Scrub 2 Kali Seminggu
Mencuci wajah pada malam hari dapat menyehatkan kulit. Selain itu, dua kali dalam seminggu anda dapat memanfaatkan scrub untuk pengangkatan sisa sel kulit mati serta untuk mengangkat komedo dan kotoran dari pori pori kulit.

Singkirkan Produk Berbahaya
Jika anda telah menggunakan produk-produk yang menyebabkan kulit menjadi teriritasi atau alergi sebaiknya anda menghentikan penggunaan produk tersebut. Carilah pertolongan medis dari dokter atau pakar kulit.

Demikianlah sebagian cara yang bisa anda terapkan untuk merawat dan membersihkan kulit berwarna gelap seperti kulit orang indonesia pada umumnya yang berwarna coklat atau sawo matang.