Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah

3 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Posted on
Memiliki wajah dengan pori-pori yang besar, terkadang membuat seseorang risih bahkan tidak percaya diri. Banyak alasan yang mereka gunakan, dari mudah berjerawat hingga mudahnya tumbuh komedo.
Pori-pori yang membesar biasanya diakibatkan oleh tiga hal, yaitu :
  1. Yang pertama biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Jika anda adalah seorang keturunan dari orang tua yang memiliki pori-pori kulit wajah yang besar, biasanya anda sebagai anaknya pun akan memiliki pori-pori yang besar. 
  2. Faktor selanjutnya yang menyebabkan pori-pori menjadi besar adalah faktor cuaca. Cuaca yang panas dapat menyebabkan pori-pori terbuka. Hal ini karena tubuh harus mengeluarkan keringat untuk mendinginkan suhu badan.
  3. Dan faktor yang ketiga adalah kotoran yang terjebak di dalam pori-pori. Kotoran-kotoran tersebut bisa berasal dari sisa kosmetik dan debu yang tidak terangkat dengan sempurna saat anda membersihkan wajah.
Bagi anda yang memiliki pori-pori besar karena faktor keturunan, seperti yang kita tahu pori-pori wajah tidak bisa mengecil secara permanen. Karena, tidak ada obat maupun bahan yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Sehingga kita harus memutar otak dan menemukan cara-cara lainnya untuk mengecilkannya.


Ada beberapa tips dan trik yang bisa anda manfaatkan untuk memperkecil ukuran pori-pori wajah anda pada saat-saat tertentu diantaranya adalah :


Membersihkan Wajah Dengan Benar Dan Secara Teratur
Kosmetik dan kotoran yang menyumbat pori-pori dan terjebak disana tidak akan terangkat dengan sempurna jika anda tidak mencuci muka dengan cara yang benar dan tepat.

Cara mencuci muka yang benar dan tepat adalah dengan melakukan langkah langkah mencuci muka seperti pada contoh berikut ini :
  • Pertama, bersihkan terlebih dahulu muka anda dengan menggunakan cleanser dari debu maupun make up. 
  • Kemudian gunakan air hangat untuk membuka pori-pori agar debu serta makeup yang masih membandel dapat diangkat dengan lebih mudah.
  • Untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran yang masih terjebak di dalam pori. Anda dapat memanfaatkan sabun muka atau facial foam yang mengandung scrub.
  • Langkah terakhir adalah menutup pori-pori dengan menggunakan air dingin.
Benda Dingin
Pori-pori yang terbuka akibat cuaca bisa kita tutup kembali atau terkecil dengan memanfaatkan benda-benda disekitar kita yang memiliki sifat dingin.
Benda yang pertama yang dapat anda manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori adalah :
  1. Es batu
    Es batu memiliki sifat dingin yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Cara menggunakannya adalah dengan cara mengoleskannya di wajah. Dengan begitu, pori-pori akan mengecil dan kulit pun akan menjadi lebih kencang
  2. Yang kedua adalah dengan cara menggunakan sendok yang terlebih dahulu anda letakkan di dalam kulkas. Sendok biasanya terbuat dari bahan metal yang sejatinya merupakan penghantar panas maupun dingin yang baik.
Setelah cukup dingin anda dapat menggunakan sendok tersebut untuk di usap-usapkan di sekitar wajah anda yang memiliki pori-pori besar.

Dengan begitu pori-pori akan secara otomatis menutup dan terlihat lebih kecil. Kulit pun akan menjadi lebih kencang.

Memanfaatkan Masker Mentimun
Fungsi mentimun hampir sama dengan fungsi es batu maupun sendok yang didinginkan. Yaitu, untuk menyejukkan kulit sehingga kulit tersebut akan menjadi lebih rileks dan dingin.


Mentimun dapat memberikan efek dingin bagi kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menyiapkan mentimun. Lalu iris, kemudian oleskan irisan mentimun di wajah anda.
Diamkan beberapa saat hingga cairan mentimun mengering dan meresap ke dalam kulit. Setelah efek cairan mentimun terasa serta memberikan kesejukkan.
Langkah terakhir adalah, bersihkan wajah anda dengan menggunakan air dingin. Mentimun memang sangat efektif apabila digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.