Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Posted on
Karbohidrat adalah merupakan salah satu senyawa organic yang terdiri atas unsur karbon, hydrogen, dan oksigen dengan perbandingan 1 atom C,2 atom H,1 atom O (Cn H2n On) dilihat dari gugusan gula penyusunannya karbohidrat yang bisa di bagi menjadi tiga bagian golongan yaitu antara lain monosakarida, disakarida, dan polisakarida.
Karbohidrat juga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai sumber energy (1 garam karbohidrat yang akan menghasilkan 4,1 kalori), mengatur metabolism, menjaga keseimbangan asam dan basa, membantu proses penyerap kalsium, mencegah terjadinya konstipasi, dan sebagai bahan pembentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh. Dan bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain nasi, jagung, gandum, kentang , sagu, dan ketela pohon.
Pada system proses perencanaan makanan, karbohidrat mengalami metabolisme berupa proses hidrolisis (penguraian menggunakan air) di dalam mulut dan usus halus. Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida. Dan hasil pencernaan karbohidrat berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa, dan monosakarida linnya. Kemudian selanjutnya zat-zat tersebut akan di serap oleh sel epite di usus halus dan dan akan di edarkan oleh darah menuju hati.
Setelah berada di hati glukosa akan di ubah menjadi fruktosa dan galaktosa. Dan glukosa akan mengalami dua proses di dalam hati. Yang pertama glukosa akan beredar bersama alairan darah untuk memenuhi kebuthan sel-sel tubuh kita. Yang kedua jika terdat kelebihan glukosa, glukosa tersebut akan di ubah menjadi glikogen dengn di bantu oleh hormone insulin. Hal tersebut akan menjaga keseimbangang  gula darah. Glikogen akan di simpan di dalam hati. Jika sewaktu-waktu di butuhkan glikogen akan di ubah menjadi glukosa dengan bantuan hormone adrenalin.

 

Glukosa juga merupakan sumber energy bagi tubuh. Tetapi untuk mendapat menghasilkan energy glukosa harus mengalami proses oksidasi. Dan prosesnya akan berlangsung secara bertahap mulai dari glikolisis, siklus krebs, dan system transport electron (yang akan di pelajari di kelas IIX). Jika seseorang berlebihan mengonsumsi akan mengalaimi menderita diabetes, karies gigi, dan obesites. Dan obesitas dapat memicu terjadinya terserang penyakit jantung, tekanan darah dan terserang strok.