cara mudah dan cepat mengatasi wajah berminyak

4 Cara Mudah Merawat Wajah Agar Wajah Tidak Berminyak

Posted on
Bagi sebagian orang, minyak di wajah merupakan masalah yang serius karena wajah mereka memproduksi terlalu banyak minyak. Dalam jumlah yang kecil dan cukup, minyak memang sangat membantu kulit wajah dalam mendapatkan kelembabannya. Akan tetapi, sebaliknya, minyak yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit berjerawat dan penampilan pun menjadi tidak menarik.

Minyak di wajah sendiri sebenarnya memiliki manfaat yang banyak untuk kulit wajah. Seperti, untuk melindungi wajah dari debu dan kotoran, polusi udara, serta untuk menjaga wajah agar tetap lembab dan sehat. Biasanya orang yang memiliki wajah berminyak dan lembab akan memiliki wajah yang awet muda dan sehat.

Perlu anda ketahui bahwa kita tidak boleh menghilangkan minyak di wajah secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan kulit menjadi kehilangan kelembaban serta mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam, bahkan lebih parah lagi, kulit yang kehilangan minyak terlalu banyak dapat menyebabkannya menjadi keriput dan terlihat tua.

Bagi anda yang memiliki masalah kulit berminyak, ada banyak cara yang bisa anda terapkan untuk mengurangi kadar minyak atau untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah.

Berikut adalah tips-tips klinis alami dan cara mudah untuk mengurangi minyak diwajah :

1.    Dengan memanfaatkan Sebum Regulator
Cara paling efektif untuk mengurangi kadar minyak yang diproduksi oleh wajah adalah dengan mengontrol produksi minyak itu sendiri. Dan, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan produk klinis untuk mengontrol produksi minyak pada wajah.

Produk ini sebenarnya terbuat dar bahan alami yang telah di melalui proses bioteknologi. Diantara manfaatnya adalah untuk mengontrol aktivitas kelenjar minyak, mengecilkan pori-pori, menghambat aktivitas produksi minyak, anti iritasi dan lain-lain.

Produk jenis ini berbentuk gel dan memang jumlahnya tidak terlalu banyak di pasaran. Satu nama yang banyak digunakan oleh mereka yang memiliki masalah kulit berminyak adalah acanthe sebum regulating gel.

2.    Dengan Memanfaatkan Es Batu
Es batu tidak akan mengurangi produksi minyak pada kulit. Akan tetapi, es batu dapat membantu mengurangi kadar minyak yang keluar dengan cara mengecilkan pori-pori wajah.

Cara kerja es batu dalam membantu mengurangi produksi minyak pada wajah sangatlah sederhana. Secara teori, suasana atau sesuatu yang dingin dapat membuat pori-pori mengecil atau tertutup. Dengan menggunakan es batu, kita bisa mengkondisikan hal tersebut. Caranya cukup sederhana,
a.    Ambilah es batu secukupnya, kemudian
b.    Oleskan pada wajah anda untuk memperkecil pori-pori.
Selain produksi minyak berkurang, pori-pori yang mengecil juga akan membuat wajah semakin terlihat kencang, segar, dan lebih berseri. Terlebih ketika cuaca dalam keadaan panas.

3.    Lakukan Perawatan Secara Rutin Di Pagi Dan Sore Hari
Menjaga agar kulit tetap sehat dapat dilakukan dengan melakukan perawatan secara rutin pada pagi hari sebelum beraktivitas, dan pada sore hari setelah beraktivitas. Hal ini dapat memberikan efek yang signifikan dalam mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan pembersih muka atau cleanser. Pilihlah pembersih muka yang mengandung susu, seperti milk cleanser. Membersihkan wajah dengan milk cleanser dapat mengurangi produksi minyak berlebihan pada kulit.

Sebisa mungkin hindari penggunaan sabun yang terlalu keras. Karena, menurut para ahli kulit dan kecantikan mengatakan bahwa, sabun yang terlalu keras justru akan dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

4.    Memanfaatkan Daun Seledri
Daun seledri yang sering kita kenal sebagai sayuran, ternyata memiliki manfaat lain yaitu dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Cara memanfaatkan seledri untuk mengurangi minyak pada wajah adalah
1.    Siapkan air secukupnya
2.    Siapkan seledri secukupnya, kemudian
3.    Cincang daun seledri
4.    Setelah air mendidih
5.    Masukkan potongan seledri
6.    Rebus selama 15 menit, lalu
7.    Angkat dan dinginkan.
8.    Gunakan air rebusan seledri yang telah dingin untuk oleskan pada wajah
9.    Diamkan hingga meresap dan kering, lalu
10.  Bersihkan dengan air bersuhu normal.

Perlu anda tahu, tips agar wajah tidak berminyak diatas akan memberikan hasil yang maksimal jika anda lakukan secara rutin. Demikianlah informasi terkait cara mudah dan cepat mengatasi wajah berminyak, semoga dapat memberikan referensi yang bermanfaat untuk anda.