Proses Pelapukan Mengakibatkan Perubahan Pada Benda

Penjelasan Lengkap Proses Pelapukan Yang Mengakibatkan Perubahan Pada Benda

Posted on
Proses pelapukan merupakan fenomena alam yang merupakan sebuah peristiwa biologi namun berhubunga dengan beberapa peristiwa lain seperti fisika dan kimia. Perlapukan sendiri merupakan sebuah peristiwa terjadinya perubahan pada benda baik logam maupun benda padat lainnya sehingga menurunkan nilai ekonomi dan kualitas benda tersebut.
Fenomena pelapukan juga dapat ditemukan dalam berbagai macam hal yang ada di sekitar kita, antara lain peristiwa lapuknya kayu karena terlalu sering terkena air, atau bangku sekolah yang lapuk karena termakan waktu akibat suhu dan kelembaban udara yang ada di ruangan. Suhu merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya cepat atau lambatnya proses pelapukan terjadi. Suhu rendah dan suhu tinggi bisa saja mempercepat proses pelapukannya tergantung material atau bendanya.
Proses Pelapukan Mengakibatkan Perubahan Pada Benda
Proses pelapukan merupakan suatu peristiwa alami yang tidak dapat dihindari namun bisa saja dicegah untuk memperlambat proses terjadinya pelapukan. Salah satu caranya adalah dengan menjaga suhu ruangan tetap berada pada suhu normal. Hal kecil tersebut merupakan solusi tercepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi proses pelapukan terjadi dengan cepat. Penjelasan lengkap proses pelapukan yang mengakibatkan perubahan pada benda. Ada tiga jenis pelapukan yang ada yaitu :
1. Pelapukan Biologi
Pelapukan biologi merupakan salah satu proses perubahan benda yang disebabkan secara biologis oleh makhluk hidup. Rayap merupakan salah satu makhluk biologi terkenal yang merupakan salah satu hal terbersar yang menyebabkan pelapukan pada kayu. Selain itu jamur dan lumut merupakan organisme biologis yang menyebakan terjadinya pelapukan.
2. Pelapukan Fisika
Pelapukan fisika marupakan salah satu proses terjadinya pelapukan yang disebabkan oleh persitiwa fisis. Hal-hal yang berkaitan dengan fisika dan menyebabkan pelapukan secaras fisika antara lain adalah angin, hujan, sinar matahari dan gelombang laut.
3. Pelapukan kimia
Berkurangnya nilai ekonomis benda dan kualitasnya karena peristiwa pelapukan secara kimiawi disebabkan karena adanya reaksi atau hubungan dengan benda kimia. Hujan asam merupakan salah satu penyebab terbesar yang ada di alam saat ini dalam menyebabkan tingginya pelapukan secara kimiawi. Hujan asam terjadi karena air huja melarutkan gas-gas pencemar diudara terbuka yang disebabkan oleh pabrik-pabrik maupun polusi asap kendaraan bermotor yang saat ini semakin berkembang.